promosi

4 Cara Menahan Diri Dari Godaan Promosi yang Candu

Ketika Anda berbelanja akan ada banyak masalah dan tantangan yang dihadapi, salah satunya banyaknya barang promo yang membuat Anda sulit untuk menahannya. Apalagi sekarang ini proses belanja semakin lebih mudah, cukup membuka smartphone saja berbagai kebutuhan sudah bisa didapatkan, apalagi terkait promosi yang diberikan pun begitu besar. 

Hal ini menjadi persoalan apabila Anda tidak bisa menghindar dan menahannya, karena akan membuat kantong Anda terkuras dan tidak bisa menabung. Berbagai kemudahan yang ditawarkan tersebut lambat laun akan berpengaruh pada keadaan Anda nantinya. Nah, ada beberapa cara yang tepat untuk menghindarinya, yuk simak penjelasan lengkapnya. 

Cara Menahan Promo

1. Pikir Ulang 

Membeli barang atas dasar terburu-buru itu akan membuat Anda akan mengalami rasa bersalah dan penyesalan, apalagi hanya melihat harga yang miring saja. Apalagi nantinya barang yang sudah terlanjur dibeli tersebut tidak benar-benar dimanfaatkan yang hanya membuat Anda akan semakin kesal dan menumpuk barang yang tidak penting saja. 

Kegiatan ini banyak atau sering Anda temui, apalagi jika membelinya secara online. Bahkan, keadaan seperti ini hampir dialami dan dilakukan oleh setiap orang. Karena merasa harga yang didapatkan murah dan tidak ingin ketinggalan promosi yang diberikan. Padahal jika dipikir ulang Anda sangat mampu untuk bisa menahan dan membatasinya secara langsung. 

Beri waktu sejenak dan luangkan untuk berpikir terlebih dahulu, karena keadaan ini akan mempengaruhi keputusan Anda untuk membeli atau tidaknya produk tersebut. Tidak perlu terburu-buru, lakukan saja secara santai dan nyaman sambil melihat barang-barang yang ada. Dengan demikian membuat Anda tidak langsung membeli dan menekan dana yang dimiliki. 

2. Hentikan Langganan Iklan Promosi

Mencari barang yang murah dan didapatkan dari diskon itu memang sangat menarik untuk Anda dapatkan sepenuhnya. Karena akan membuat dana yang dikeluarkan jauh lebih kecil dan hemat, sehingga membuat pengeluaran Anda tidak terlalu besar. Tetapi, apabila keadaan ini dilakukan terus menerus akan berpengaruh pada kondisi kedepannya. 

Apalagi jika Anda sudah terbiasa menggunakan e-commerce untuk berbelanja yang hampir setiap hari menawarkan diskon atau promosi yang menarik. Namun, apabila Anda tidak bijak akan berpengaruh untuk kondisi finansial Anda nantinya. Sehingga penting sekali untuk memberikan batasan dan ketentuan yang tepat agar tidak terjerumus. 

Caranya bisa Anda lakukan dengan tidak mengikuti langganan iklan yang ada, hindari mengaktifkan notifikasi, dan tanamkan tekad yang kuat. Semua keadaan tersebut perlahan akan membuat Anda berhenti untuk mengecek barang dan mampu untuk menekannya. Keadaan inilah penting sekali diperhatikan dan jangan sampai Anda terjebak. 

3. Kurangi Tuntunan Gaya Hidup

Aspek yang mempengaruhi Anda untuk terus berbelanja adalah membuat diri Anda ingin selalu terlihat up to date dan tampil beda. Padahal keadaan tersebut hanya menjerumuskan Anda pada lubang hitam yang merugikan. Karena gaya hidup itu tidak pernah habis dan tidak ada titik akhirnya, sehingga perlu pembatasan untuk dilakukan agar tidak berlebihan. 

Mengikuti gaya hidup memang tidak dilarang, terkadang Anda membutuhkannya untuk berbagai keadaan tertentu. Namun, apabila semuanya dihabiskan untuk itu semua akan ada banyak kerugian yang harus Anda tanggung nantinya. Keadaan ini jangan sampai mempengaruhi dan merusak diri Anda, karena akan berdampak pada tabungan nantinya. 

Hidup secara sederhana saja, hindari gengsi berlebihan dan pastikan Anda berbelanja sesuai kemampuan yang dimiliki. Keadaan ini secara tidak langsung membuat Anda tidak begitu memperhatikan diskon atau promosi yang ada. Sehingga selalu membuat Anda akan memilih dan mencari barang yang sesuai dengan keperluan yang diinginkan saja. 

4. Mengenali Barang yang Dimiliki

Mungkin jika Anda masih kesulitan bisa dengan mendata ulang barang-barang yang dimiliki, secara perlahan keadaan ini akan membantu Anda untuk mengenali barang yang sudah ada. Dengan demikian membuat Anda bisa berpikir ulang sebelum memutuskan untuk membeli barang yang baru dan akhirnya akan menumpuk saja kedepannya. 

Tidak ada salahnya Anda selalu mendata dan mengingat beberapa barang yang sudah dimiliki dalam lemari Anda tersebut. Sehingga kebutuhan dan keinginan untuk berbelanja akan berkurang dan tidak ada niatan untuk menambah. Lakukan secara rutin dan evaluasi setiap bulannya, karena benar-benar akan sangat membantu untuk Anda lakukan. 

Tindakan ini sangat penting untuk diperhatikan, sehingga membuat Anda sadar kalau sudah memilikinya dan tidak untuk memutuskan membeli. Keadaan ini apabila Anda konsisten melakukannya akan membuat kantong Anda lebih hemat. Selain itu juga, Anda bisa menghindari barang yang menumpuk dan kegunaannya barang yang ada lebih maksimal. 

Itulah beberapa cara untuk Anda yang ingin tetap hemat dan tidak boros dalam berbelanja ketika ada promo yang banyak. Semuanya bisa Anda lakukan asal ada niatan dan menahan kondisi tersebut secara menyeluruh.