jajanan permen gulali

5 Jajanan Ini Bikin Kangen Masa Kecil Dulu, Yuk Disimak!

bgtree.net – Bernostalgia di masa lalu adalah salah satu hal yang menyenangkan. Wujud nostalgia tersebut dapat dilakukan dengan beragam cara. Seperti dengan melihat foto-foto di masa silam dan juga menikmati jajanan dari masa kecil dulu. Memori pun akan kembali terkenang dalam angan dengan cara tersebut. Lalu apa saja jenis jajanan yang erat kaitannya dengan masa kecil dulu? Mari simak ulasannya mengenai aneka jajanan tersebut disini.

Beragam Jenis Jajanan di Masa Kecil Dulu

  1. Telur Gulung

Sesuai dengan nama jajanan khas anak kecil ini, telur gulung dibuat dari telur ayam yang digoreng dengan dililitkan dan digulung pada batang bambu. Keunikan dari jajanan ini ialah dari teknik menggoreng yang dilakukan oleh sang penjual. Dengan sedemikian rupa, telur ayam tersebut dapat berserabut pada saat digoreng. Biasanya telur gulung tersebut akan dicocol dengan saus sebagai pelengkapnya.

jajanan telur gulung

Citarasa dari jajanan masa kecil ini juga tidak kalah dengan jenis jajanan atau sajian yang lainnya. Citarasa gurih dari telur ayam tersebut akan berpadu dengan rasa pedas dari saus sambal. Dengan kemajuan zaman yang ada saat ini, telur gulung ini juga banyak mengalami inovasi. Misalnya dengan manambahkan sosis dan juga bihun ke dalam telur gulung tersebut.

  1. Es Potong

Jajanan lain yang merupakan cirikhas dari masa kecil ialah es potong. Rasa dari es potong ini juga segar saat dinikmati di tengah tengah jam istirahat sekolah. Bahan yang digunakan untuk membuat sajian ini antara lain adalah gula pasir, santan, dan juga perasa makanan. Untuk membuat tekstur es menjadi lebih lembut juga ditambahkan susu ke dalam adonan es tersebut.

Dengan perpaduan dari bahan yang ada akan menghasilkan citarasa gurih, segar, dan juga legit di mulut. Biasanya penjual es potong akan menjual es dalam bentuk potongan kecil sesuai dengan harga yang dikehendaki pembeli. Setelah dipotong es tersebut akan diberi batang bambu kecil di tengahnya. Dari hal tersebutlah es ini kemudian dijuluki dengan es potong hingga sekarang.

Baca Juga : 5 Aplikasi Fitness Terbaik Untuk Android dan Iphone

  1. Permen Gulali

Siapa yang tidak mengenal permen gulali, permen warna warni yang dapat disulap menjadi beraneka macam bentuk. Mulai dari bentuk tanaman hingga bentuk binatang. Kepiawaian sang penjual dalam membentuk permen gulali tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli permen jenis ini. Permen tersebut akan ditambahkan dengan pegangan yang terbuat dari batang bambu untuk menyajikannya.

jajanan permen gulali

Bahan untuk membuat permen ini juga terlihat sederhana, yaitu gula dan juga pewarna makanan. Namun untuk menghasilkan tekstur permen yang dapat dibentuk sedemikian rupa diperlukan keahlian tersendiri dari si pembuatanya. Juga terdapat jenis permen gulali lain yang tidak dibentuk menjadi karakter tertentu. Biasanya permen tersebut hanya akan ditambahkan meises sebelum dijual kepada pembeli.

  1. Rambut Nenek

Citarasa manis adalah salah satu hal yang digemari oleh anak kecil. Hal inilah yang menjadikan banyak jenis jajanan dibuat dengan citarasa tersebut. Seperti contohnya adalah rambut nenek ini. Bahan pembuatan dari jajanan ala anak SD ini adalah gula dan tepung. Namun bentuk dari si rambut nenek ini akan berbeda dengan permen gulali yang lainnya.

Biasanya rambut nenek akan dijual dengan warna merah muda. Tidak hanya dinikmati secara langsung, si rambut nenek juga dapat dinikmati bersama dengan sumping. Sumping sendiri adalah sejenis kerupuk tipis yang memiliki tekstur renyah di mulut. Warna dari sumping tersebut biasaanya adalah merah muda dan krem. Anda pernah mencoba menikmati jajanan khas masa kecil yang satu ini?

  1. Mie Lidi

Jajanan lain yang tidak kalah unik dari masa kecil adalah mie lidi. Namun sekarang kepopuleran mie lidi ini juga telah membuatnya banyak disukai oleh semua kalangan. terlebih dengan bungkus dan promosi menarik di era modern seperti saat ini. Sesuai dengan nama dari jajanan ini, mie tersebut memiliki bentuk menyerupai lidi. Biasanya mie tersebut akan dijual dengan bumbu dengan warna merah yang bercitarasa pedas.

jajanan mie lidi

Namun juga terdapat bumbu lain dengan citarasa keju yang asin. Saat menyantap mie lidi ini Anda akan merasakan sensasi renyah di mulut. Rasa dari bumbu pada jajanan berupa mie lidi ini juga cenderung kuat di lidah. Karena bentuk mie yang panjang, biasanya saat memakan mie lidi ini juga akan menghasilkan banyak remahan  mie dan bumbu yang bertebaran di sekitar tempat makan.

Telur gulung, es potong, permen gulali, rambut nenek, dan juga mie lidi adalah beberapa jajanan khas yang mengingatkan tentang masa kecil dulu. Sebenarnya masih terdapat banyak jenis jajanan khas anak kecil lainnya yang tetap ada hingga saat ini. Hingga sekarang banyak terdapat innovasi yang dilakukan pada jajanan tersebut. Seperti misalnya dengan menambahkan sosis dan mie pada bagian dalam jajanan telur gulung.