fresh graduate

7 Tips Cepat Mendapatkan Kerja untuk Para Fresh Graduate

Bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan untuk bersaing di lapangan kerja. Terutama untuk kalian yang baru saja lulus dari perkuliahan. Bukan karena kalian tidak layak untuk memperoleh pekerjaan tetapi pada umumnya perusahaan memilih untuk merekrut pegawai yang telah berpengalaman minimal 1 tahun. 

Selain itu, saat ini banyaknya tenaga kerja tidak sebanding sama lapangan kerja yang ada. Bahkan sekarang riset telah membuktikan jika lebih dari 40% mahasiswa yang baru lulus masih banyak yang tidak memiliki pekerjaan atau menganggur. Hal tersebut tentu saja membuktikan jika persaingan pada bidang pekerjaan sangat ketat. 

Untuk itu, diperlukan adanya tips cepat untuk memperoleh pekerjaan bagi mahasiswa yang baru lulus. Oleh karena itu, simak tips lengkapnya berikut ini.

1. Tidak terburu-buru

Tips pertama yang wajib Anda perhatikan apabila ingin cepat mendapatkan pekerjaan setelah Anda lulus yaitu tidak terburu-buru. Maksudnya di sini Anda tetap tenang dan siapkan semuanya dengan baik, mulai dari surat lamaran, CV dan hari syaratan lainnya yang mendukung. Pada umumnya orang yang buru buru untuk memperoleh pekerjaan justru tidak berfokus dengan apa tujuan mereka dan apa yang ingin mereka capai.

Misalnya seperti, jika Anda sedang membuka website pekerjaan setelah lulus dari SMA dan melihat ada sejumlah lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang atau kualifikasi yang Anda miliki, lalu Anda langsung saja mendaftar pekerjaan tersebut namun tidak tahu seluk-beluk dari perusahaan, pekerjaan yang akan Anda lakukan dan juga gaji yang akan Anda terima.

Apa salahnya bila mencoba terlebih dahulu? Sisi salah tidak terletak pada bagian ketika Anda mencoba namun bukankah lebih baik bila anda mempersiapkannya terlebih dahulu dengan matang, sehingga perusahaan dapat mempertimbangkan lagi dengan baik lamaran yang telah anda masukan.

2. Mengikuti Job Fair

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu mengikuti job fair. Pada acara seperti ini terdapat banyak sekali peluang kerja dengan bagian dan bidang yang berbeda beda sesuai dengan skill yang anda miliki. Tetapi, persaingan nya juga menjadi sangat berat sebab ada banyak pelamar yang biasanya juga ikut dalam acara ini. 

Tidak berarti Anda harus patah semangat dan minder, apabila anda ingin mencoba dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya maka tidak mungkin apabila perusahaan mau menolak Anda. Dalam acara ini Ade juga dapat mencari informasi mengenai kualifikasi apa saja yang wajib anda miliki untuk bisa diterima di perusahaan tersebut.

3. Membuat CV yang Menarik

Curriculum Vitae atau biasa disebut dengan CV pakan bagian yang sangat penting serta tidak boleh Anda lewatkan apabila ingin cepat memperoleh pekerjaan. Anda dapat memulai untuk mengisi data diri dari Pendidikan, kah Leon, pengalaman, dan prestasi juga dapat Anda tulis di CV tersebut. Lebih baik lagi apabila CV yang anda miliki di design dengan bagus dan diisi lebih padat. 

Apabila anda tidak memiliki keahlian dalam desain, sekarang banyak jasa untuk membuat CV menjadi lebih menarik yang dapat Anda manfaatkan. Dengan mempersiapkan dan memperhatikan CV ini, bisa jadi anda akan lebih cepat untuk dipanggil di perusahaan sebab mereka telah tertarik dengan CV Anda.

4. Mengirim Lamaran Via Email

fresh graduate apply kerja

Di abad yang semuanya menggunakan internet dan juga teknologi, sudah banyak perusahaan yang mencantumkan email ketika mencari pegawai baru. Strategi ini pada umumnya juga dipakai untuk menyeleksi lamaran dengan melihat dari Sisi Anda mengirim lamaran kerja tersebut. 

Pada umumnya yang dilihat ketika anda mengirim lamaran via email yaitu subjek yang benar, alamat email, isi dari email dan juga lampiran email. Pada tips ini tentu saja Anda harus teliti dan juga benar dalam menuliskan email agar lamaran Anda dapat dilirik oleh perusahaan.

5. Perluas Relasi

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memperbanyak relasi pertemanan yang Anda miliki. Jangan segan dan malu untuk bertanya kepada teman Anda, saudara, maupun kenalan anda mengenai Sawangan pekerjaan untuk Fresh Graduate. 

Dengan menggunakan cara ini Anda juga dapat memperoleh banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan yang sedang Anda cari.

6. Situs Lowongan Kerja

Anda pun dapat memanfaatkan situs lowongan kerja yang akurat mulai dari Instagram, Linkedin, ataupun situs lowongan kerja lainnya. Sekarang telah banyak perusahaan yang memasang iklan menggunakan situs ataupun aplikasi sosial media. Untuk itu, Anda harus selalu melihat nya agar tidak ketinggalan informasi mengenai lowongan pekerjaan.

7. Perbanyak Portofolio

Tidak hanya CV saja, ada bagian lainnya yang penting dan wajib Anda persiapkan untuk bisa dijadikan bahan pertimbangan dari perusahaan. Dengan mempunyai Portofolio yang bagus maka bisa saja perusahaan melirik anda karena Portofolio tersebut. Untuk itu, persiapkan Portofolio dengan sebaik mungkin.