Aki Mobil Anda Kering? Berikut Adalah Cara Memperbaikinya

Aki adalah komponen penting untuk kendaraan, misalnya mobil. Fungsi dari aki seperti baterai, yakni guna menyuplai aliran listrik ke seluruh komponen pada mobil. Karenanya bila kendaraan tidak memiliki aki, Anda tidak akan bisa berpergian menggunakannya.

Tips memperbaiki aki yang kering

Hal yang paling sering terjadi pada aki selain rusak adalah menjadi kering. Supaya bisa digunakan lagi, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini, agar nantinya ketika bepergian Anda tidak menjadi panik.

1. Berjaga-jaga

Selalu berjaga-jaga merupakan hal yang penting, terutama ketika Anda akan pergi menggunakan mobil pribadi. Bekalilah perjalanan dengan perkakas guna memperbaiki kendaraan, karena ketika terjadi gangguan pada mobil seperti aki yang kering. Anda bisa langsung membongkarnya dan segera memperbaikinya.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda bawa, obeng, kain lap, lem/selotip, cairan untuk mengisi aki serta jarum suntik. Cukup sederhana dan mudah untuk disiapkan, simpanlah peralatan tersebut dalam satu wadah agar memudahkan Anda bila membutuhkannya, jangan lupa untuk menyimpannya di bagasi.

2. Lepaskan aki perlahan

Setelah semua peralatan tersedia, selanjutnya adalah melepaskan aki dari mobil. Cara cukup mudah, Anda hanya perlu melepas bagian kutub positif lebih dulu, dilanjut dengan kutub negatif. Tujuannya supaya tidak ada percikan api ketika proses pelepasan.

Lakukan dengan hati-hati dan perlahan hingga aki terlepas. Setelah itu, silahkan taruh aki pada lokasi yang aman selama dibetulkan. Pastikan tempat tersebut bebas dari benda apapun menghindari terjadinya gesekan.

3. Bongkar penutup aki

Langkah selanjutnya, yaitu membongkar bagian tutup aki. Ada baiknya ketika membuka bagian penutup, Anda menggunakan obeng. Karena dengan benda tersebut aki akan mudah dilepas, pastikan Anda berada pada posisi tulisan “do not open”, cara ini juga dapat diterapkan pada aki lain. 

4. Selalu pastikan aki dalam keadaan bersih

Selain memperbaiki bagian dalam, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian luar aki. Tujuannya agar kotoran yang menempel hilang. Dalam tahap pembersihannya, Anda bisa menggunakan kain lap berbahan lembut supaya tidak meninggalkan goresan pada fisik aki dan tetap dalam keadaan bersih.

5. Isikan air ke dalam aki

Setelah Anda melakukan tahap satu hingga empat dengan baik, tahap selanjutnya yaitu mengisi air aki ke dalamnya. Ketika Anda membongkar, pasti sudah melihat bila ada enam lubang disana. Nah, suntikkan air aki melalui lubang tersebut menggunakan jarum yang sebelumnya sudah Anda siapkan.

Untuk pengisiannya sendiri jangan terlalu penuh, cukup isi hingga satu centimeter di bawah lubangnya. Jika telah terisi semua, tutup kembali dengan menggunakan selotip agar air aki tidak tumpah dan bagian dalam tidak terisi udara.

6. Menggunakan Bodrex

Cara berikut bisa diterapkan bila tahap satu sampai empat sudah dilakukan. Kemudian, kosongkan aki, isi kembali dengan air panas. Tujuannya agar seluruh kotoran yang ada di dalamnya hilang sekaligus untuk mengaktifkan kembali sel baterai yang telah mati.

Untuk proses pengeringannya, silahkan jemur aki selama 2 hingga 3 jam dibawah terik matahari. Jika sudah kering, masukan kembali air aki yang telah dicampur bodrex menggunakan suntikan. Tutup rapat dan mobil siap digunakan.

7. Meminta bantuan ahli

Jika memang Anda belum mengerti, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan dari bengkel atau orang yang lebih ahli dan memang mengerti tentang otomotif. Tentu tujuannya agar tidak terjadi kesalahan ketika melakukan perbaikan. Selain itu, proses perbaikannya akan jauh lebih cepat sehingga kendaraan juga bisa digunakan.

8. Lakukan perawatan secara rutin

Jika telah melakukan semua tahapan diatas dan mobil dapat digunakan dengan baik seperti sedia kala. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan secara berkala agar aki tetap awet juga terbebas dari hal-hal yang menyebabkan kerusakan.

Anda dapat melakukan pengecekkan sendiri atau membawa mobil ke bengkel sekaligus mengecek keadaan komponen kendaraan lainnya 

Tanda-tanda aki dalam keadaan kering

Itulah tadi cara yang bisa Anda lakukan ketika aki mobil dalam keadaan kering. Biasanya sebelum hal tersebut terjadi, akan ada beberapa tanda yang bisa dirasakan oleh pemilik kendaraan. Berikut dibawah ini adalah tanda-tandanya :

  • Suara klakson terdengar lemah
  • Lampu mobil redup 
  • Tempat penyimpanan menggelembung
  • Tercium bau tidak sedap
  • Mobil sulit untuk distarter atau dinyalakan
  • Tegangan aki berada dibawah 10 volt

Jadi, sebagai pemilik kendaraan Anda harus selalu melakukan pemeriksaan secara berkala agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan dan demikianlah sedikit ulasan mengenai cara memperbaiki aki mobil yang kering.

Anda harus selalu memastikan untuk tidak lupa selalu mengecek kendaraan, tidak hanya pada aki mobil tetapi ke seluruh komponen mesin dan bagian lainnya. Tujuannya supaya ketika berkendara, tidak ada halangan yang timbul karena kecerobohan Anda sebagai pemilik mobil.