paklaring

Apa itu Paklaring serta Apa Kegunaannya

Bagi seseorang yang sudah bekerja bertahun-tahun, apakah kamu pernah memutuskan niatan untuk mencari kerja di perusahaan yang lain atau ingin mencoba profesi lain yang sekiranya lebih menarik? Bila iya, kamu mungkin sudah sedikit memahami soal apa itu paklaring. Karena, hal tersebut merupakan surat yang sering diselipkan oleh pencari pekerjaan dengan pengalaman yang ada supaya CV mereka terlihat meyakinkan.

Akan tetapi, tahukah kamu apa yang sebetulnya dimaksudkan dengan paklaring? Meski termasuk surat yang sering dibuat oleh calon pekerja untuk mencari kerja, tidak sedikit juga orang yang menyamakan surat serupa ternyata juga mempunyai fungsi yang serupa. Contohnya, surat paklaring tersebut malah diartikan sebagai surat pengalaman bekerja, rekomendasi perusahaan baru dari perusahaan sebelumnya, menjadi bukti pernah kerja, hingga referensi pekerjaan.

Surat paklaring ini sendiri fungsinya tidak boleh kita kamu anggap remeh. Sebab, selain gunanya untuk membantu melancarkan memperoleh kerja selanjutnya, surat tersebut juga bisa digunakan untuk keperluan BPJS Ketenagakerjaan, dan beasiswa professional sampai mengajukan sebuah pinjaman dana di lembaga pembiayaan.

Surat tersebut umumnya diterbitkan oleh kantor atau perusahaan seseorang yang pernah bekerja disana dengan beberapa syarat. Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan untuk pindah pekerjaan atau ganti profesi, usahakan untuk mengurus terlebih dahulu pembuatan surat paklaring. Supaya tidak mengalami kekeliruan dalam memahami surat paklaring, berikut penjelasan lebih lanjut.

Pengertian Tentang Surat Paklaring

Paklaring adalah surat adat dokumen yang bisa mewakilkan pengalaman orang yang pernah bekerja di sebuah perusahaan pada posisi tertentu. Surat Paklaring yakni untuk menjelaskan soal jenjang karir, dari pertama masuk kerja hingga akhir masa pengabdian seseorang di sebuah perusahaan. Pastinya, surat tersebut diterbitkan langsung dari kantor atau perusahaan seseorang yang dia tinggalkan sebelum pindah ke perusahaan yang diincar.

Selain di tempat kerja atau perusahaan sebelumnya, paklaring juga bisa diterbitkan dari lembaga kecil. Kondisi ini karena sebuah lembaga yang kecil juga mempunyai hak terhadap penerbitan surat paklaring. Maka dari itu, pembuatan paklaring tidak batasan dari perusahaan apa pun.

Biasanya surat paklaring tersebut dipakai sebagai syarat untuk melampirkan dokumen atau berkas saat akan mendaftar kerja ke perusahaan baru, dan bahkan tidak sedikit juga perusahaan besar serta startup yang juga besar menjadikan paklaring sebagai suatu syarat untuk calon pekerja yang nantinya akan melamar kerja sebagai sebuah bukti bahwa seseorang pernah bekerja.

Lewat surat ini juga perusahaan atau kantor baru bisa mengukur kualitas serta kapasitas dari calon pekerja. Kemampuan seseorang bisa dilihat dari kontribusi dan prestasi yang pernah diraih berdasarkan yang tertulis di surat paklaring.

Fungsi dari Surat Paklaring

paklaring

Sudah dijelaskan sedikit sebelumnya, bahwa surat paklaring ini bukan hanya memiliki fungsi sebagai alat melancarkan proses dalam mendapatkan sebuah pekerjaan saja. Namun, dokumen ini bisa dipakai untuk beragam hal yang sama penting. Lalu apa saja fungsi dari surat paklaring tersebut ?

1. Mendapatkan Pekerjaan Baru

Di dalam proses rekrutmen calon pekerja dari beberapa kantor perusahaan, biasanya para pelamar akan disuruh untuk melampirkan paklaring saat mengirimkan resume atau CV. Hal ini bertujuan untuk menjadi sebuah bukti dimana calon pekerja tersebut sudah pernah kerja sebelum di perusahaan yang tercantum didalamnya.

Meski tidak semua profesi membutuhkan lampiran surat tersebut, namun untuk jabatan mulai dari supervisor dan atasnya lagi pasti membutuhkan surat paklaring.

2. Membuat Instrumen BPJS Ketenagakerjaan

Berikutnya adalah fungsi dari surat paklaring yakni untuk membuat BPJS Ketenagakerjaan. Sama seperti yang kamu ketahui, BPJS Ketenagakerjaan harus dimiliki seorang karyawan supaya bisa mencairkan dana Jaminan Hari Tua atau JHT.

Memiliki dokumen ini harus dilakukan supaya dapat memperoleh semua atau sebagian jaminan yang ada. Maka, supaya dapat mencairkan dana JHT, upayakan untuk mempunyai surat paklaring dan sudah legalisir untuk dijadikan pengganti dokumen keterangan kerja.

3. Memperoleh Beasiswa Lewat Jalur Profesional

Walaupun kamu sudah pernah bekerja dan mempunyai banyak pengalaman, akan selalu ada kemungkinan untuk memiliki keinginan meneruskan pendidikan lebih tinggi. Dengan mempunyai surat paklaring, peluang untuk dapat meraih beasiswa lewat jalur professional jauh lebih terbuka. Umumnya, beasiswa melalui jalur tersebut sangat berguna untuk kamu yang mau meneruskan pendidikan S2 atau doctoral dari program pemerintah atau swasta.

4. Mengajukan Pinjaman Dana dan Kartu Kredit Pada Bank

Agar bisa melakukan pengajuan pinjaman seperti KPR, KK, dan KTA kamu mempunyai status sebagai karyawan. Tujuannya pasti tidak lain yakni digunakan untuk bukti calon nasabah mempunyai pendapatan tetap dengan jumlah tertentu. Dengan ini, bisa terlihat apakah angsuran dari pinjaman dana yang diajukan bisa dibayar atau malah tidak. Kondisi ini juga berlaku ketika kamu mengajukan program kredit. Melampirkan surat paklaring pihak bank bisa mengukur kemampuan keuangan yang kamu miliki.