cemilan sehat seledri selai kacang

Cara Buat Camilan Sehat Agar Tetap #dirumahaja

bgtree.net – Camilan sehat perlu disiapkan ketika Anda dan keluarga sedang bersantai dan berkumpul bersama. Sebab, hampir semua orang pasti suka aktivitas ngemil atau mencicipi kudapan dikala senggang. Mungkin sebagai ibu rumah tangga Anda sering dibingungkan dengan menu camilan sehat apa yang akan disukai oleh anak-anak dan suami. 

Tidak heran saking bingungnya dengan cara membuat kudapan tersebut, para ibu rumah tangga lebih memilih untuk membeli di luar saja. Namun, melihat kondisi saat dimana setiap orang dihimbau untuk berdiam diri di rumah saja, sudah sepatutnya Anda membuat camilan sehat sendiri untuk dikonsumsi keluarga agar aktivitas luar ruangan dapat dibatasi. 

Tips Membuat Camilan Sehat dan Lezat yang Disukai Keluarga

Yang terpenting dalam membuat camilan sehat dan lezat adalah bahan-bahan yang akan digunakan. Anda dapat menggunakan berbagai macam bahan seperti buah-buahan, gandum, kacang-kacangan, sayur dan lain-lain yang mana mengandung protein dan vitamin. Memilih bahan yang mengandung nutrisi baik bagi tubuh kita tentu sangat dianjurkan oleh dokter. 

Terlebih saat masa pandemi ini, tubuh kita butuh asupan gizi seimbang yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sangat dianjurkan untuk membuat sendiri camilan sehat yang akan dinikmati keluarga saat bersantai dan berkumpul bersama. Karena Anda bisa menentukan sendiri bahan-bahan yang digunakan sekaligus dapat membatasi diri bepergian keluar hanya untuk membeli camilan saja. 

Bahan gandum, kacang-kacangan, buah-buahan, hingga sayur-sayuran tentu rendah lemak, kalori, dan gula. Sangat baik untuk kesehatan tubuh dan sekaligus membantu meningkatkan imunitas agar mampu menghadang virus penyakit. Bahan-bahan tersebut cocok dikombinasikan dan diolah menjadi camilan sehat dan lezat yang pasti akan disukai keluarga.

Baca Juga : Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Siswa di Indonesia

Resep dan Cara Membuat Camilan Sehat di Rumah

Salah satu cara menghindari diri dari kegiatan ngemil yang berlebihan adalah membuat camilan sehat di bawah ini yang terbukti ampuh membuat perut cepat kenyang. Anda dapat mengendalikan nafsu makan berlebih jika membuat camilan sehat yang akan kami bagikan resep dan cara buatnya berikut ini. 

1. Seledri Selai Kacang

Seledri selai kacang merupakan menu yang bisa Anda contek dalam membuat camilan sehat untuk keluarga. Perut cepat kenyang dan lebih tahan lama bisa dibuat menggunakan selai kacang pakai resep kreasi camilan sehat.

cemilan sehat seledri selai kacang

Selain itu, ada kandungan nutrisi dan serat dalam selai kacang yang dapat membuat rasa penuh dalam perut Anda. Kandungan nutrisi dan gizi dalam seledri selai kacang juga banyak dan memang dibutuhkan tubuh manusia. 

Alat dan Bahan Membuat Seledri Selai Kacang:

  • Selai kacang
  • Batang seledri secukupnya.

Cara membuat Seledri selai kacang:

  1. Potong batang seledri menjadi dua bagian, kemudian bagian tengah seledri dikosongkan.
  2. Bagian tengah seledri diolesi dengan selai kacang sesuai selera.
  3. Menu camilan sehat seledri selai kacang siap disajikan.

2. Popcorn dengan Keju Parmesan

Jika bosan dengan rasa popcorn yang tidak ada variasinya, maka cobalah krasikan keju parmesan dengan popcorn tersebut. Kadar serat dalam popcorn bisa ditingkatkan dengan sentuhan keju parmesan. Oleh sebab itulah, Anda bisa kenyang lebih awet jika mengkonsumsi menu camilan sehat ini. 

Nafsu terhadap makanan berlemak dan manis lainnya dapat ditahan ketika menikmati popcorn dengan keju parmesan. Popcorn memang enak dijadikan camilan saat menonton tv atau film, saat berkumpul bersama keluarga dan sahabat, ataupun di sela-sela waktu luang lainnya. Jadi, sudah sepatutnya Anda menjadikan popcorn dengan keju parmesan sebagai menu camilan sehat untuk keluarga tercinta. Adapun kandungan gizi yang terkandung dalam makanan ini terdiri dari 2 gram protein, 7 gram karbohidrat, 4 gram lemak dan 73 kalori. 

Alat dan bahan membuat Popcorn dengan Keju Parmesan:

  • Minyak zaitun 2 sdm 
  • Garam ½ sdt
  • Unsalted butter 3 sdm 
  • Biji popcorn 230 gr 
  • Bawang putih 2 siung 
  • Keju parmesan 100 gr
  • Panci

Cara membuat Popcorn dengan Keju Parmesan:

  1. Cincang bawang putih hingga halus.
  2. Panaskan panci pakai api sedang untuk melelehkan mentega.
  3. Tumis bawang putih selama satu menit kemudian tiriskan.
  4. Siapkan panci sedang untuk memanaskan minyak zaitun dengan api besar. Masukkan biji popcorn setelah minyak cukup panas. Kemudian gunakan penutup panci agar popcorn tidak berhamburan.
  5. Tunggu sampai popcorn meletup-letup sambil menggoyangkan panci, kira-kira selama satu menit.
  6. Letakkan panci diatas api dan tunggu selama 5 menit sampai popcorn berhenti meletup sambil menggoyangkan panci tersebut. 
  7. Jika sudah matang, siapkan mangkuk besar untuk popcorn. Lalu, taburkan keju parmesan, garam, dan bawang putih dan aduk popcorn hingga bumbunya merata.
  8. Menu camilan sehat popcorn dengan keju parmesan siap dinikmati bersama keluarga Anda.

Penutup

Itulah beberapa tips, resep dan cara membuat camilan sehat dan lezat yang cocok disantap bersama keluarga dan teman-teman. Anda dapat mengkreasikan resep tersebut menjadi menu camilan sehat lain yang juga mengenyangkan. Jadi, tidak perlu lagi keluar rumah hanya untuk membeli camilan, karena Anda dapat membuat camilan sehat sendiri dari rumah sekarang.