hutang

Cara Cepat Terbebas Dari Hutang

Apabila kamu seseorang yang mempunyai hutang apalagi yang hutang tersebut cukup besar, pasti timbul di benak, bagaimana caranya untuk bisa melunasi hutang-hutang tersebut.

Setiap orang memiliki kisahnya sendiri-sendiri, mempunyai cobaan yang bermacam-macam hingga kondisi setiap orang juga berbeda-beda. Ada yang kaya harta, ada yang miskin harta, ada yang berkecukupan namun banyak hutang, sangat bervariasi. Bahkan seseorang yang kaya raya pun bukan berarti tidak pernah melakukan hutang uang.

Bagi kamu yang memiliki hutang namun bingung cara menyikapi dengan baik, sehingga hutang yang ada terus berlarut-larut, malah ada yang semakin besar karena terlilit bunga yang tinggi. Untuk itu, dibawah ini akan ada beberapa tips bagi kamu yang mempunyai hutang namun salah dalam bersikap. Berikut cara cepat terbebas dari hutang.

1. Mengakui Punya Hutang

Hal pertama yang sekaligus menjadi paling penting iyalah mengakui adanya utang, akui bahwa kamu mempunyai hutang besar sehingga hal tersebut dapat menghancurkan semuanya. Karena hutang-hutang yang ada membuat finansial mu menjadi berantakan, apalagi jika seakan acuh dan tidak menyadari bahwa kamu memiliki hutang yang banyak.

Kondisi tersebut sering terjadi di masyarakat yang memiliki pola hidup konsumtif, membeli sesuatu yang kadang tidak begitu dibutuhkan sehingga menimbulkan istilah besar pasak daripada tiang. Pengeluarannya lebih besar dari pemasukan. Jika kamu tidak akan mengakui bahwa memiliki hutang dan tetap memiliki pola hidup konsumtif bukan tidak mungkin sesuatu yang segera akan terjadi.

Dengan ini kamu tidak akan memiliki urgency sebagai solusi. Dengan begitu, semua hutang yang kamu miliki semakin besar, dimana hal tersebut akan semakin menyulitkan dimasa depan dan semakin susah dilunasi dibanding saat hutangnya masih terbilang kecil.

2. Mengenali Jenis Hutang

Kamu wajib mengetahui bahwa jenis hutang itu beragam. Karena memiliki jenis yang bermacam-macam tentu implikasinya pun ikut berbeda-beda juga. Hutang sendiri dilakukan atas dasar ingin mendapatkan sesuatu.

Apabila sesuatu yang dibeli dari dana yang bersumber dari hutang merupakan sebuah aset, maka sebuah hutang menjadi sesuatu yang cukup bijak. Sebab nilai dari sebuah aset yang akan dibeli menggunakan hutang tersebut bisa menanjak seiring berjalannya waktu, yang membuat hutang akan menjadi lebih kecil jika dibanding dengan hasil yang diperoleh dari aset.

Seperti contoh membeli rumah KPR. Kamu membeli sebuah unit rumah dengan mengangsur melalui KPR yang dimana nilai hunian yang kamu cicil semakin lama semakin meningkat.

3. Mengevaluasi Pemasukan Serta Pengeluaran

evaluasi keuangan

Cobalah untuk selalu mengecek jumlah tagihan yang akan kamu bayar setiap bulannya dengan penghasilannya yang kamu dapat selama sebulan. Ketika mengecek biaya tagihan, kamu juga harus memperhatikan secara detail semua pengeluaran kamu dari yang paling kecil sampai yang besar, seperti dana untuk belanja, rekreasi, kebutuhan dapur, hingga uang jajan sehari-hari.

Melalui metode ini kamu akan melihat mana sesuatu yang sebenarnya tidak seharusnya dibeli dan mana yang memang diperlukan untuk kamu atau untuk rumah tangga yang sudah kamu bangun. Kadang ada hal yang tidak penting namun sampai mengeluarkan biaya yang lebih besar dibanding keperluan lainnya.

Apabila kamu menemukan sesuatu yang memberatkan untuk bisa menyisihkan sebagian uang untuk digunakan membayar hutang, sebaiknya lakukan evaluasi segera, supaya bisa diselesaikan serta memudahkan kamu dalam mencicil tagihan hutang perbulannya.

4. Mencari Penghasilan Tambahan

Apabila kamu masih merasa mempunyai cukup waktu dalam satu minggu atau masih mempunyai waktu luang. Kamu dapat memanfaatkannya untuk bisa mencari pekerjaan agar bisa menghasilkan dana tambahan, dengan begitu sedikit banyaknya akan sangat membantu kamu untuk melunasi hutang dengan cepat.

Jenis dari pekerjaan pun harus kamu sesuaikan dengan keahlian yang kamu punya, supaya kamu tidak membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya, mengingat kamu juga mempunyai sebuah pekerjaan utama yang harus dihadapi.

Jika kamu merasa bingung mencari sebuah pekerjaan, salah satu opsinya adalah kamu bisa menjadi seorang freelance online. Mengambil profesi sebagai freelancer online dapat menjadi alternatif yang tepat untuk kamu, sebab dengan menjadi seorang freelancer kamu dapat bekerja dimanapun salah satunya di rumah.

5. Jangan Menunda Cicilan

Jika dana untuk melunasi hutang sudah ada, sebaiknya kamu langsung membayarnya jangan menunda-nunda dengan alasan adanya kebutuhan lain yang lebih penting. Kadang karena sikap yang suka menunda, membuat yang tadinya tidak ingin mengeluarkan sesuatu untuk hal tidak penting malah justru tergoda dan pada akhirnya, dana yang sudah siap untuk melunasi hutang malah jadi terpakai.

Dengan begitu, seharusnya kamu menyadari bahwa uang tersebut bukanlah uang yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sehari, jika uang sudah ada, maka cobalah untuk menganggap bahwa uang tersebut tidak ada, agar aku tidak mempunyai hasrat memakai uang untuk keperluan yang lain. Karena selain menumpuk hutang, cicilan yang tidak dibayar dengan waktu yang sudah ditentukan akan didenda.