baju lebaran

Ini Beberapa Tips Hemat Beli Baju Lebaran

Momen lebaran merupakan salah satu momen yang dinantikan banyak orang. Bagaimana tidak, di momen ini banyak kesempatan untuk menyapa kembali kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Berkaitan dengan momen lebaran, ternyata ada beberapa hal unik yang dinilai sebagai sebuah keharusan, yaitu membeli baju lebaran. 

Terlebih saat pekan akhir Ramadan seperti sekarang ini, akan banyak promo yang diberikan untuk menyambut lebaran. Berbagai iklan melaluoi media sosial, televisi hingga pesan singkat akan berjejeran datang untuk memberikan penawaran berupa promo lebaran. Tawaran diskon yang menggiurkan tersebut jika tidak dikelola dengan baik hanya akan membuat kantong kamu jebol nantinya. Untuk itu penting memperhatikan beberapa tips hemat saat akan belanja baju lebaran. 

Lakukan Tips Ini untuk Hemat Beli Baju Lebaran

baju lebaran

1. Perhatikan isi dalam lemari

Sebelum pergi belanja baju lebaran, penting untuk melihat terlebih dahulu apa saja isi yang ada dalam lemari. Jika memang kamu masih memiliki cukup baju yang layak dikenakan saat lebaran nanti, sebaiknya hindari untuk membeli baju lebaran, dengan ini tentu lebih hemat.

2. Perhatikan situasi

Memang beberapa tahun lalu lebaran juga identik dengan datang ke rumah kerabat, atau kamu yang didatangi banyak kerabat. Namun di masa pandemi seperti sekarang ini kunjungan ke kerabat digantikan sacara online. Yang biasanya datang langsung ke rumah kini tergantikan melalui video. Dengan ini kamu tidak harus membeli satu paket lengkap baju baru untuk lebaran. Kamu bisa membeli baju atasan saja untuk dipadukan dengan celana kamu yang masih layak.

3. Pastikan memiliki skala prioritas

Penting untuk membuat skala prioritas berkaitan dengan produk mana yang harus kamu beli dan yang tidak. Jika memang hanya perlu membeli hijab karena bisa dipakai berulang kali, maka silahkan hanya membeli hijab baru saja. Atau misalnya kamu hanya butuh baju atasan saja, maka kamu harus fokus untuk membeli atasan. Jangan membeli semua pakaian dari ujung atas sampai ujung bawah karena hanya akan membuat pemborosan. Terlebih jika pakaian tersebut tidak terlalu kamu butuhkan. 

4. Perhatikan budget

Saat ini keadaan masih serba sulit, dengan demikian pastikan Anda jeli dalam menentukan besaran budget untuk membeli baju lebaran. Jika Anda sudah menentukan budget sebesar 400 ribu, ya pastikan hanya membeli baju dengan harga maksimal 400 ribu. Jangan kemudian kamu menjadi kasihan sama diri sendiri dan akhirnya membuat budget menjadi 800 ribu. Selain itu, lakukan pembelian secara langsung, artinya jangan membeli menggunakan kartu kredit maupun pay latter karena ini menjadikan Anda kalap ketika belanja. Membayar secara trasfer bank membuat Anda terasa ketika mengeluarkan uang.

Jika memang budgetnya belum cukup, tidak masalah tidak membeli baju baru saat lebaran. Kamu bisa menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan darurat dan beberapa keperluan lainnya nanti. Tidak ada kata salah ketika kamu memutuskan untuk hemat budget.

5. Pilih brand lokal

Akhir-akhir ini dampak pandemi memberikan dampak nyata untuk sistem perekonomian, terlebih untuk UMKM, terasa sekali dampaknya. Dengan ini ketika kamu memutuskan untuk membeli baju, sebaiknya pilih produk dari brand lokal. Hal tersebut dengan tujuan untuk mendukung UMKM berkembang di masa pandemi.

6. Pilih baju yang bisa dipadupadankan

Dibandingkan membeli baju berupa kaftan maupun dress yang dalam kesehariannya jarang dipakai, Anda bisa memilih untuk membeli atasan maupun bawahan sehingga mudah ketika akan dipadupadankan saat lebaran nanti.

7. Bijak melihat promo

Tidak bisa dipungkiri jika tawaran berupa cashback pembelian dan juga promo sering membuat iman tergoda. Jika kamu jeli dalam melihat kesempatan itu maka bisa membantu kamu untuk hemat. Sebaliknya, jika kamu kurang jeli, yang ada kamu hanya akan terkena jebakan tawaran promo-promo menggiurkan tersebut.

Misalnya promo BUY 2 GET 1 FREE. Sebelum membeli promo tersebut, cek ulang apakah kamu memang harus membeli baju hingga 3 potong atau hanya lapar mata saja karena ada tawaran promo.

8. Penting melihat kualitas dibanding kuantitas

Dibandingkan kamu membeli baju sebanyak 12 potong karena ada tawaran murah, namun ternyata kualitasnya abal-abal, sebaiknya kamu bisa membeli baju 1 hingga 2 potong baju saja namun dengan kualitas yang jelas. Memang biasanya harganya lebih mahal, namun jika budget kamu masih cukup tidak ada salahnya membeli baju berkualitas. Baju dengan kualitas tentu lebih nyaman digunakan ketika lebaran dibandingkan membeli dalam jumlah banyak namun tidak nyaman dipakai saat lebaran. 

Bagaimana sudah siap untuk hemat ketika lebaran? Pastikan ulang jika kamu memang membutuhkan dan harus membeli baju. Jika hanya ingin-ingin sesaat sebaiknya pikir ulang. Lumayan dananya bisa kamu gunakan untuk kebutuhan lain yang memang lebih mendesak dibandingkan hanya membeli baju lebaran.