menu sarapan

Menu Sarapan yang Perlu Dihindari Saat Diet

Terdapat beberapa menu makanan yang wajib kamu hindari ketika sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan. Dengan mengkonsumsi makanan sehat tentu akan memberi tubuhmu tambahan energi untuk menopang aktivitas dan rutinitas sehari-hari, tidak terkecuali bagi kamu yang sedang menjalankan program diet ketat.

Melakukan diet bukan hal yang mudah, akan tetapi bukan berarti diet ekstrim dianjurkan. Jangan menyiksa diri dalam melakukan program diet, banyak orang yang mengira bahwa diet adalah tidak makan, atau memangkas semua jenis makanan sehingga yang masuk ketubuh hanya satu jenis zat saja.

Contoh, kamu hanya mengkonsumsi pisang saja namun tidak memiliki sumber protein, zat besi atau lain sebagainya tentu tubuhmu akan lemas, karena tidak memiliki zat-zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh, tubuh kita butuh protein, serta, air, karbohidrat dll. Jika hanya mengkonsumsi satu makanan saja tentu akan berbahaya bagi kesehatan dan organ tubuh.

Agar diet mu berjalan lancar dan tetap bisa memiliki sumber zat yang lengkap, kamu pun bisa memilih makanan yang tepat supaya berhasil menurunkan berat badan serta tubuh yang semakin bugar dan fit. Berikut beberapa menu sarapan yang wajib kamu hindari saat diet.

1. Keripik dan Kentang Goreng

Menu makan yang harus kamu hindari ketika sedang diet yakni keripik dan kentang orang, makanan seperti ini mempunyai kandungan kalori sangat tinggi, kamu boleh coba namun cukup sedikit saja, namun apabila bisa menahannya tentu sangat dianjurkan. Riset menyatakan bahwa satu porsi keripik dan kentang goreng sangat mempengaruhi kenaikan berat badan daripada makanan lain.

Bahan baku kentang bisa kamu olah agar lebih baik untuk bagi tubuhmu dengan memasaknya dengan cara merebus atau mengukusnya. Perlu diketahui, ketika kentang digoreng, justru kalorinya meningkat dan kadar lemak dari minyak akan meningkat lebih parahnya lagi, gizi didalam kentangnya pun bisa berkurang bahkan hilang.

2. Selalu Memberi Gula Tambahan

gula

Jika kamu termasuk orang yang pecinta makan manis, kamu harus tau bahwa hal ini memiliki resiko diabetes dan penyakit jantung apalagi bagi kamu yang mau diet, hal tersebut bisa membuat orang obesitas. Maka dari itu kurangilah mengkonsumsi makanan yang manis-manis jika kuat mungkin kamu bisa tinggalkan itu.

Tubuh tetap membutuhkan gula, namun kadar gula kadang sudah kita dapatkan di sebuah makanan tertentu yang mengandung sedikit gula, tentu sudah cukup mewakilkan untuk tubuh kita. Selain itu, cara untuk mengetahui kadar makanan dengan persentase kandungan gulanya, kamu bisa membaca dibagian label setiap kemasan yang akan dibeli.

3. Jangan Hanya Mengkonsumsi Smoothies dengan Buah-buahan Saja.

Makanan buah-buahan tentu sangat sehat dan disarankan untuk dikonsumsi setiap hari karena kaya akan serat, vitamin dan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh manusia. Akan tetapi jika kamu tidak menambahkan kandung protein serta lemak sehat kedalam smoothies kamu akan terus merasa lapar meski sudah mengkonsumsinya.

Kamu bisa menambahkan seperti kacang-kacangan, sedikit alpukat, susu kedelai, yogurt, bubuk protein, serta selai kacang sebagai asupan lemak yang dibutuhkan tubuh, kamu pun juga bisa menambahkan wortel, brokoli, sayur bayam yang semuanya memiliki kandungan serta yang tinggi.

4. Kue Muffin

Ketika kamu mengkonsumsi kue muffin, ketahuilah bahwa kandungan dari makanan tersebut tidak baik untuk program diet yang sedang kamu jalankan, seperti mentega, tepung putih hingga kandungan gula yang tinggi.

Jika ingin memakan kue muffin, disarankan untuk membuatnya sendiri dirumah. Karena, kamu dapat menggunakan bahan pilihan yang sehat, mulai dari oat atau tepung gandum, alpukat serta minyak kelapa pengganti butter atau kamu dapat menggunakan madu asli, selain itu juga bisa ditambahkan selai almond,  bubuk protein untuk pengganti serat dan protein lebih banyak.

5. Alpukat Susu

Jika kamu sedang menjalani program diet sehat dan ingin cepat mendapatkan hasil yang diinginkan, tentu kamu harus bisa memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi dan tidak mengurangi kebutuhan gizi dalam tubuh.

Buah alpukat jika dicampur dengan susu kental manis akan terasa sangat nikmat. Namun, jika kamu adalah orang yang sedang melakukan upaya penurunan berat badan. Berarti hal tersebut wajib dihindari.

Di dalam alpukat mengandung lemak yang tidak jahat, akan tetapi, di dalam susu kental kental manis mengandung gula yang sangat tinggi. Jadi mencampur alpukat dengan susu kental manis bukan salah satu ide yang baik bagi program diet kamu. Sebaiknya kamu bisa mencampur alpukat dengan sat atau dua butir telur untuk dijadikan menu sarapan sehat kamu.

Karena perpaduan antara telur dan alpukat akan menghasilkan banyak sekali sumber nutrisi yang didapatkan oleh tubuh, seperti lemak sehat, protein, vitamin, serat, dan lain sebagainya.