pelajari produk sebelum transaksi

Panduan Memilih Produk Keuangan yang Cocok

bgtree.net – Hari jamak kita temukan berbagai macam produk keuangan yang menawarkan kemudahan bagi pengguna, terutama ketika mereka ingin mengelola berbagai aspek dari keuangan pribadi. Namun perlu diketahui dari banyak produk keuangan dan aplikasi pinjam uang yang siap pakai, belum tentu semuanya cocok dengan kondisi keuangan yang Anda miliki. Untuk itu agar tidak salah pilih, kami menyediakan panduan memilih produk keuangan yang cocok.

4 Poin Penting Yang Perlu Diketahui Saat Memilih Produk Keuangan

  1. Menentukan Tujuan Investasi atau Trading

Tujuan dapat diartikan sebagai suatu gagasan di masa depan atau hasil yang diinginkan oleh seseorang atau suatu kelompok yang sebelumnya direncanakan dan memiliki komitmen untuk mencapainya. Setiap orang memiliki tujuannya masing masing, dan memiliki berbagai cara untuk mencapai tujuan tersebut. Terkadang orang orang tersebut juga akan memberikan tenggat waktu agar tujuannya bisa tercapai.

tujuan investasi dan trading

Sama seperti saat akan memilih jenis produk keuangan. Sebelum melakukan trading atau investasi, akan lebih baik jika sudah mempunyai tujuan dan target tertentu yang ingin di gapai. Dimana tujuan tersebut memiliki peranan penting guna menentukan langkah berinvestasi atau trading, serta sebagai landasan dalam mengambil risiko. Contohnya, saat Anda ingin mempunyai rumah mewah dalam waktu 2 tahun ke depan. Dari tujuan tersebut, strategi investasi pun dapat dibuat.

  1. Menentukan Strategi Investasi atau Trading

Setelah tujuan telah ditentukan di awal, maka bisa dilanjutkan dengan menentukan strategi apa yang akan digunakan dalam melakukan investasi atau trading. Dimana strategi tersebut berisikan langkah langkah yang akan dilakukan guna mencapai tujuan yang sebelumnya sudah ditentukan secara matang. Pasalnya sebuah strategi akan lebih mudah dijabarkan apabila telah memiliki tujuan pasti yang ingin digapai.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan guna menentukan strategi trading atau investasi. Strategi yang paling umum digunakan sebagai panduan memilih produk keuangan yang cocok adalah dengan menentukan berapa banyak target profit dan resiko yang akan diterima per transaksi. Dimana strategi tersebut perlu disesuaikan dengan karakter masing masing orang. Ada beberapa karakter orang dalam dunia investasi, antara lain konservatif, moderat, ataukah agresif terhadap resiko.

Baca Juga : Tips Memilih Model Kacamata yang Sesuai dan Bikin Percaya Diri

  1. Mempelajari Produk Sebelum Melakukan Transaksi

Sebelum membangun strategi investasi atau trading, maka sangat perlu mengedukasi diri sendiri mengenai seluk beluk produk serta bagaimana cara transaksi dari produk. Terdapat berbagai jenis produk keuangan yang diperdagangkan di pasar keuangan, seperti produk keuangan berjangka sejenis indeks saham, obligasi, valuta asing, emas, minyak bumi, dan produk lainnya.

pelajari produk sebelum transaksi

Dimana masing masing dari produk tersebut memiliki kelebihan serta risiko sendiri. Misalnya saja Anda ingin memilih produk indeks saham, maka sebelumnya pastikan sudah tahu apa itu saham, apa saja keuntungan yang didapatkan dari investasi indeks saham, serta apa saja risiko yang muncul. Untuk itu, agar tidak salah pilih maka ada baiknya cermati dan pelajari dengan benar produk keuangan yang diperjualbelikan di pasaran.

Perlu diketahui, disamping produk keuangan tradisional ada juga produk berjangka yang bisa menjadikan Anda bebas secara finansial. Dimana produk keuangan ini memiliki karakteristik high risk high return, sehingga akan memberikan imbalan bagi hasil yang tinggi namun juga memiliki risiko yang tidak kalah tinggi. Namun hal penting yang perlu diketahui, bahwa keuntungan tersebut benar benar menjanjikan.

Agar mendapatkan produk keuangan yang cocok dengan kondisi keuangan Anda, maka ada baiknya untuk mengetahui volatilitas pergerakan harga, tren dan arah pergerakan harga, juga penentuan level profit atau level resiko. Dengan mempelajari hal-hal tersebut, maka sudah memiliki dasar dalam membuat strategi investasi atau trading guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.

  1. Gunakanlah Trading Tool Untuk Membantu Proses Transaksi

Saat ini, teknologi sudah berkembang dengan pesat. Sehingga ada banyak berbagai teknologi yang tersedia dan membantu kita memilih produk keuangan yang cocok. Bukan cuma itu, teknologi membantu pengguna menentukan keputusan, memilih instrumen investasi, atau menganalisa kondisi pasar. Bahkan ada teknologi yang membantu pengguna melakukan trading secara otomatis, berdasarkan strategi yang ditentukan sebelumnya.

pergunakan trading tools

Berbagai alat canggih trading tool tersebut juga memudahkan untuk melakukan proses analisa teknikal. Anda tidak perlu khawatir, di internet ada berbagai situs dan aplikasi terpercaya yang dapat digunakan guna mempermudah analisis teknikal seperti Autochartist dan Delkos Research. Dimana berbagai teknologi canggih tersebut bisa membantu untuk memperbesar probabilitas atau kemungkinan mendapatkan keuntungan.

Produk keuangan di industri berjangka yang diperdagangkan di pasaran, memang terkenal memiliki risiko yang tinggi. Namun bagi hasil yang diberikan pun tidak kalah tinggi dan sangat menjanjikan kebebasan dalam finansial. Untuk itu, sangat penting bisa memilih produk keuangan yang cocok dengan kondisi keuangan. Dengan ulasan ini, diharapkan Anda bisa memilih produk finansial yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.