soft skill

Soft Skill yang Harus Dimiliki Ketika Akan Masuk ke Dunia Kerja

Bukan hanya hard skill saja, kemampuan yang harus dimiliki oleh orang juga perlu diisi dalam hal ini adalah soft skill. Soft skill harus dipoles sebelum kamu masuk ke dalam dunia kerja, karena kemampuan tersebut nantinya dapat meningkatkan kecerdasan kamu serta membantu kamu dalam melakukan banyak macam pekerjaan.

Soft skill merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki suatu individu yang tidak ada kaitannya dengan teknis. Soft skill memiliki hubungan dengan kepribadian dan emosional seseorang. Agar lebih jelasnya, dibawah ini akan diulas mengenai beberapa macam soft skill yang perlu kamu asah sebelum masuk ke dalam dunia kerja yang super sengit dan menantang.

1. Memiliki Kemampuan Berkomunikasi dengan Baik

Jika memiliki kemampuan dalam berkomunikasi tentu kamu sudah mempunyai 1 sift skill yang sangat dibutuhkan didalam dunia kerja khususnya. Pada tahap awal saja, kamu telah dihadapkan dengan yang namanya tes wawancara yang pastinya kemampuan komunikasi kamu sangat diuji di momen tersebut. Dengan komunikasi yang baik juga dapat memudahkan kamu dalam membangun hubungan antar pekerja di sebuah kantor.

Komunikasi adalah hal yang dilakukan dua arah. Perlunya mengasah skill komunikasi yakni bisa memudahkan kamu dalam penyampaian suatu argumen di kantor tempat kamu bekerja. Selain itu, kemampuan komunikasi juga dapat membiasakan kamu untuk menjadi seorang pendengar yang baik.

Sebenarnya softskill dapat diasah selama kita hidup. Contohnya melakukan presentasi di kelas, ngobrol dengan tukang becak, berbincang oleh pedagang bakso, atau bercengkrama bersama teman-teman dirumah atau di tempat nongkrong. Kamu juga dapat belajar cara dan etika yang bagus jika menghadapi guru atau dosen dan hal tersebut bisa kamu terapkan di dalam dunia kerja yakni terhadap atasan atau bos perusahaan tempat kamu bekerja.

2. Mampu Bekerjasama Dalam TIM

Jika kamu sudah bisa berkomunikasi dengan baik, soft skill lain yang harus dimiliki yakni bisa bekerja sama dalam tim. Hal tersebut bisa saja dibangun bila kamu sudah mempunyai kemampuan dalam berkomunikasi terhadap sesama karyawan di kantor. Melakukan kerjasama tim bukan sebatas berkomunikasi dengan baik saja, melainkan bagaimana cara kamu bisa memahami rekan kerja kamu.

Saat kamu sedang membangun kerja sama tim, tentu kamu harus siap dan selalu mendengar kritik yang ditujukan kepadamu. Soft skill tersebut sejatinya sudah terlatih ketika masih duduk dibangku sekolah atau di kampus, contohnya ketika diberi tugas kelompok. Soft skill seperti ini tentu sangat menentukan karir kamu di dunia kerja.

Perlu diketahui bersama, orang yang merasa pintar dalam kelas pun belum tentu mempunyai kemampuan bisa bekerja sebagai tim. Setiap perusahaan pasti akan lebih mengutamakan orang yang bisa dan sanggup bekerja sama dalam sebuah tim. Dalam usaha tersebut, kamu harus bisa mengkoordinasi dengan baik, bla tidak mempunyai soft skill ini, bisa dipastikan karirmu dalam dunia kerja akan sedikit terhambat

3. Memiliki Pemikiran Inovatif dan Kreatif

soft skill

Suatu saat, softskill akan menjadi bagian pelengkap diri kamu. Perusahaan saat ini umumnya mencari para pekerja yang memiliki pemikiran lebih fresh dan inovatif. Bila kamu memiliki banyak ide dan mempunyai jiwa kreatif, tentu kamu bisa memberi saran atau gambaran perencanaan yang menarik dan memberi ide tersebut ke perusahaan.

Kamu bisa melihat kondisi ini dalam organisasi yang ada di sekolah atau kampus. Caranya cukup sederhana, kamu harus berani menyampaikan ide menarik atau pemikiran fresh terhadap perencanaan kedepan. Berbekal keberanian yang sudah dilakukan dalam organisasi tersebut, nantinya kamu akan merasa terbantu jika dituntut untuk memiliki ide kreatif dan juga inovatif dalam dunia kerja.

4. Dapat Menganalisis Permasalahan

Jika kamu dapat berpikir inovatif dan kreatif, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kamu mempunyai kemampuan dalam menganalisis suatu hal. Soft skill tersebut bisa membuat kamu lebih mudah ketika menyelesaikan suatu masalah dengan bijak dan mendapatkan solusinya sekaligus.

Kamu bisa memposisikan diri sebagai orang yang mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi dalam menyelesaikan sebuah masalah. Analisislah setiap permasalahan yang diperoleh dari kejadian apapun. Kemudian, carilah solusi masalah yang tepat. Kemampuan tersebut bisa kamu asah didalam kehidupan sehari-hari.

5. Bisa Mengatur Waktu

Soft skill satu ini yakni kemampuan kamu dalam mengatur waktu. Di dalam dunia kerja, pastinya tidak hanya satu, dua atau tiga pekerjaan saja yang sedang menunggu untuk diselesaikan. Oleh sebab itu, kamu perlu untuk menata kembali kemampuan dalam hal mengatur waktu agar semuanya bisa efisien apalagi jika sedang menyelesaikan pekerjaan yang dituntut oleh perusahaan tempat kamu bekerja.

Soft skill tersebut merupakan faktor utama sebuah perusahaan dapat berkembang dengan pesat. Negara-negara maju biasanya menerapkan disiplin yang tinggi terhadap masyarakatnya dalam menjalani kehidupan di negara mereka, tidak terkecuali dalam sebuah perusahaan tertentu di negara tersebut. Mereka selalu menerapkan tingkat disiplin tinggi supaya bisa menghasilkan sumber daya manusia yang sangat berkualitas.