fresh graduate

Soft Skill yang Wajib Dimiliki Fresh Graduate

Jika kamu merupakan orang yang baru lulus, yang memiliki status fresh graduate, kamu harus bisa lebih bersabar ketika ingin mendapatkan sebuah pekerjaan. Sebab, kebanyakan perusahaan-perusahaan lebih mengutamakan calon karyawan yang sudah mempunyai pengalaman apalagi dibidang yang memang mereka cari, sehingga bagi yang baru lulus cobalah untuk sedikit bersabar.

Hal menyangkut soal minimnya pengalaman yang dimiliki oleh seseorang yang baru lulus. Kondisi tentu sangat wajar, sebab bagi orang yang fresh graduate mereka baru saja mendapatkan ijazah dari tempat mereka menempuh pendidikan jadi tentu saja belum memiliki pengalaman kerja.

Akan tetapi, bukan berarti orang yang baru lulus tidak memiliki peluang bekerja. Terdapat beberapa syarat yang harus kamu lengkapi seperti memiliki soft skill yang menjadikan poin lebih ketika kamu melamar ke sebuah perusahaan.

Keahlian tersebut terkadang tidak teruji secara langsung, namun biasanya akan terlihat saat psikotest ataupun tes sebagai syarat untuk melamar. Apabila skill ini menunjukan hasil yang bagus, tentu saja pihak perusahaan dapat mengetahui gambaran kemampuan yang kamu miliki.

Ada beberapa skill yang bisa kamu persiapkan jika kamu seorang fresh graduate yang ingin mendapatkan pekerjaan bagus, simak daftar dibawah ini.

1. Manajemen Waktu

Salah satu skill dari seorang fresh graduate yang harus dimiliki yaitu tentang manajemen waktu. Poin ini akan bisa dilihat saat kamu dipanggil untuk keperluan wawancara.

Disini akan terlihat bagaimana kamu menyikapi manajemen waktu di fase menuju wawancara, tahap ini seakan menjadi awal permulaan mereka memperhatikan skill yang kamu punya dari hal yang sederhana namun sangat menentukan. Jika kamu terlambat datang ke wawancara sesuai waktu yang sudah ditentukan, hal tersebut bisa menunjukan bahwa kamu kurang bisa mengatur waktu.

Meskipun seperti sepele namun skill ini sangat penting bagi perusahaan karena akan menyangkut semua aspek yang ada di perusahaan nantinya, seperti bagaimana kamu merancang prioritas pekerjaan, bagaimana cara kamu bekerja tepat waktu dan banyak lagi.

Hal ini tentu begitu krusial bagi perusahaan, sehingga mereka bisa yakin apakah orang seperti kamu bisa membantu berjalannya perusahaan tersebut atau tidak

2. Memecahkan Masalah

memecah masalah

Mengenai segala macam konflik serta masalah-masalah yang timbul dalam pekerjaan, baik itu terhadap klien, rekan kerja hingga atasan dalam sebuah perusahaan. Disini kamu dituntut mempunyai keahlian untuk bisa memecahkan masalah.

Selalu siap menghadapi segala macam resiko serta konsekuensi yang muncul sekaligus bisa mengatasi masalah yang ada secara profesional. Tidak hanya membentuk diri semakin berkarakter dan kesan profesional dalam menangani sebuah masalah, keahlian kamu dalam menyelesaikan masalah tentu akan menambah nilai kamu sebagai seorang karyawan.

3. Kepemimpinan

Berikutnya adalah kepemimpinan, skill ini sangat dibutuhkan didalam dunia pekerjaan. Apabila saat sekolah atau kuliah kamu sering mengikuti keorganisasian dan berposisi sebagai ketua, besar kemungkinan, sebuah perusahaan bakal mempertimbangkan untuk menerima kamu sebab mempunyai potensi sebagai seorang pemimpin yang cerdas dan bijaksana di masa akan datang

Mempunyai kemampuan seorang pemimpin adalah skill yang wajib dimiliki oleh fresh graduate yang sering sekali menjadi pertimbangan bagi perusahaan. Hal ini menunjukan bahwa kamu bisa memotivasi diri serta sanggup mengambil sebuah keputusan terbaik untuk perusahaan.

Jika pernah, sebaiknya sampaikan semua pengalaman kamu ketika memimpin sebuah organisasi semasa sekolah atau kuliah agar menjadi poin tambahan kamu ketika mendaftar kerja.

4. Bekerja Mandiri

Perlihatkan bahwa kamu sanggup bekerja secara mandiri meski tanpa pengawasan. Hal tersebut akan selalu diberikan oleh perusahaan, sebab pihak perusahaan tidak mungkin bisa selalu memantau dan membantu pekerjaan kamu setiap saat, maka dari itu kamu harus bisa menunjukan bahwa bisa bekerja mandiri serta tanggap akan hal apapun yang diinstruksikan.

Seperti halnya kamu bisa mengerjakan semua pekerjaan kuliah tanpa dibantu oleh teman-teman namun bisa menyelesaikannya dengan baik serta tepat waktu. Nah, sama hal nya dengan yang diinginkan oleh sebuah perusahaan terhadap semua karyawan yang bekerja.

Begitu juga ketika kamu menghadapi sebuah masalah di dalam pekerjaan. Sebisa mungkin kamu dapat menemukan jalan keluarnya sendiri untuk menyelesaikan masalah yang ada. Sikap mandiri ini juga dapat terlihat saat sesi wawancara atau bentuk tes lainnya.

5. Berbahasa Inggris

Melihat persaingan skala internasional saat ini, baki kamu yang fresh graduate kamu harus membekali diri dengan fasih dalam bahasa inggris entah itu dalam lisan atau tulisan. Jika perusahaan kamu merupakan perusahaan yang bekerjasama atau memiliki sangkut pautnya dengan dunia internasional tentu kamu wajib memiliki keahlian tersebut agar bisa menjadi bagian dalam perusahaan yang ingin kamu tuju.

Jalan satu-satunya agar bisa berkomunikasi lancar oleh orang asing tentu kamu harus menggunakan bahasa inggris. Maka dari itu jangan heran apabila kamu membaca persyaratan nilai dari TOEFL yang dibutuhkan perusahaan untuk kamu lengkapi. Untuk itu, tingkatkan skill bahasa inggris kamu agar bisa masuk ke perusahaan yang kamu inginkan.