belajar bahasa inggris

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu dengan 5 Aplikasi Ini

Penggunaan smartphone tidak melulu tentang sarana berbalas pesan atau mencari hiburan di saat bosan. Smartphone bisa digunakan untuk berbagai kegiatan produktif yang bermanfaat besar, seperti menjadi sumber informasi bahkan alat belajar paling canggih ketika Anda di rumah. Contohnya ketika Anda ingin belajar bahasa Inggris melalui aplikasi gratis. 

Aplikasi pembelajaran bahasa Inggris sendiri sudah cukup banyak berkeliaran di toko software smartphone, yang sekarang bisa Anda dapatkan secara gratis, mudah dan cepat mengunduhnya. Sejauh ini, apakah Anda pernah menginstal aplikasi belajar bahasa Inggris dengan tujuan meningkatkan kemampuan? 

Atau masih bingung memilih aplikasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Jika jawabannya iya, maka sekarang saatnya waktu yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris melalui beberapa aplikasi berikut ini. Dijamin setelah mendapatkan ilmunya, kemampuan bahasa Inggris Anda akan beberapa langkah lebih maju dari sebelumnya.

Perlu atau Tidak Menginstal Aplikasi Belajar Bahasa Inggris?

Sudah mengumpulkan tekad untuk belajar bahasa Inggris, tapi masih terkendala budget mengikuti kursusnya? Tenang, ada banyak sumber ilmu gratis yang bisa dimanfaatkan secara leluasa ketika Anda ingin mendongkrak skill berbahasa Inggris. Salah satunya adalah aplikasi smartphone. 

Bayangkan saat ini Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam membuka sosial media atau website-website tanpa berhasil meningkatkan kemampuan. Skill berbahasa inggris yang Anda miliki tetap akan berada di tingkatan yang sama jika tidak diasah dengan cara berlatih. 

Kebiasan kecil tersebut harus dihindari supaya Anda dapat membuka peluang belajar lebih besar. Salah satu caranya adalah dengan menginstal aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa membantu Anda meningkatkan skill. Dan berikut ini ada beberapa nama aplikasi yang dapat menunjang kegiatan belajar. 

1. Grammarly

Ingin lebih percaya diri ketika menulis bahasa Inggris? Maka Anda wajib mencoba aplikasi Grammarly yang siap membantu mengoreksi tata bahasa atau grammar bahasa Inggris yang ditulis saat keliru. Aplikasi ini akan memberikan rekomendasi kata yang benar dalam struktur tulisan bahasa Inggris jika terdapat kesalahan. Grammarly juga sudah terintegrasi dengan aplikasi microsoft word, sehingga pengguna dapat lebih mudah mengecek struktur bahasa inggris yang salah. Ketika menggunakan aplikasi ini, pastikan smartphone atau komputer pengguna telah terhubung dengan internet, karena jaringan tersebut dibutuhkan saat aplikasi melakukan pengecekan. Bagi yang ingin memasang aplikasi bahasa Inggris Grammarly pada smartphone atau komputernya, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. 

2. BBC Learning English

Tertarik mempelajari aksen British? Atau ingin belajar bahasa Inggris yang isinya berbobot namun terlihat ringan? Maka aplikasi BBC Learning English siap membantu Anda meningkatkan skill belajar menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam aplikasi ini, tersedia native speaker dan teks dari berbagai percakapan. Latihan soal dan seluruh penjelasan materi mulai dari listening, reading, pronunciation, hingga vocabulary juga tersedia lengkap di dalamnya. Selain itu, pengguna juga dapat menyesuaikan level kemampuan bahasa inggrisnya mulai dari paling basic sampai towards advanced.

3. Wordup

belajar bahasa inggrisJika saat ini Anda masih kesulitan mempelajari vocabulary, maka solusinya adalah mengunduh dan menginstal aplikasi belajar bahasa Inggris Wordup pada smartphone. Aplikasi ini akan membantu pengguna memahami arti vocabulary dengan cara menjelaskan detailnya dalam bentuk audio, video, serta teks yang kemudian dikemas dalam konteks unik. Lebih menariknya lagi, aplikasi Wordup juga memfasilitasi pengguna yang ingin belajar aksen British English atau American, sehingga pengguna dapat lebih fokus mempelajarinya. Selain fitur pilihan aksen, juga tersedia fitur unik bernama opsi schedule dalam aplikasi Wordup. Pengguna dapat mengatur seberapa lama waktu yang dihabiskan dalam sehari untuk mempelajari vocabulary baru, dengan demikian lebih mudah menentukan target kedepannya.

4. EF English 24/7

Sebuah aplikasi belajar bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk mempelajari grammar, dialog, kosakata, dan berbagai materi bahasa Inggris lainnya. EF English 24/7 juga telah menyediakan konten video yang merefleksikan kehidupan sehari-hari, dimana di dalamnya ada beberapa cara menggunakan kalimat bahasa Inggris yang umum digunakan untuk mengekspresikan tindakan atau pikiran. 

EF English 24/7 merupakan aplikasi mobile gratis yang saat ini telah tersedia di toko software smartphone kesayangan Anda. Belajar bahasa Inggris jadi lebih mudah dan menyenangkan melalui tool ini.

5. Quiz Your English

Aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang sedang dalam persiapan ujian bahasa Inggris di kampus maupun sekolah. Quiz Your English berada di bawah naungan Cambridge Assessment English dan memiliki tampilan aplikasi yang tampak sangat eye-catching. Anda dapat menguji level kemampuan bahasa Inggris melalui fitur skor serta dapat mengatur tingkat kesulitannya. Sewaktu belajar juga akan ada musik yang mengiringi, sehingga membuat pengguna lebih rileks mencerna ilmu-ilmunya. Aplikasi Quiz Your English memungkinkan pengguna dapat mengundang orang lain untuk belajar bersama. 

Sekarang saatnya tingkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan menggunakan aplikasi-aplikasi di atas. Selamat belajar dan semoga berhasil.