bijak dalam menggunakan uang

Tips Agar Lancar Membayar Cicilan Di Bank Atau Pinjaman Online

bgtree.net – Hidup bebas hutang tentunya menjadi cita cita sebagian orang di dunia ini. Tanpa hutang akan membuat hidup lebih tenang dan tak khawatir tagihan datang. Hanya saja tidak semua orang bisa mewujudkan hidup bebas hutang, mengingat saat ini kebutuhan makin hari makin mencekik. Mengelola keuangan dengan baik menjadi salah satu cara agar hutang segera lunas. Berikut beberapa tips agar bisa membayar cicilan tepat waktu dan lancar. Simak ulasannya.

Cara Mudah Agar Bisa Lancar Membayar Cicilan Di Bank Maupun Pinjol

  1. Perincian Budget Dengan Jelas dan Detail

Jika anda ingin memiliki finansial yang sehat, maka budgeting merupakan kunci utamanya. Rencana keuangan ini, anda bisa membuat keputusan yang lebih rasional serta bijak untuk menggunakan dana yang dimiliki. Tulis saja semua pemasukan dan rencana pengeluaran dengan detail. Karena hanya menuliskan di angan angan saja tidak akan berhasil jika tidak dituliskan. Tujuannya tentunya untuk membantu anda berfikir jernih dan rasional.

merinci budget

Pengeluaran yang tak terlalu penting dan mendesak bisa anda kurangi dan dihapus dari daftar. Sehingga anda bisa memiliki jumlah uang lebih yang nantinya bisa digunakan untuk membayar cicilan anda. Jika tidak melakukan budgeting ini, anda akan kesulitan mengatur pengeluaran serta pemasukan. Risiko paling buruk, anda akan mengalokasikan uang ke hal hal yang sebenarnya tidak penting sehingga hutang menjadi tidak terbayar.

  1. Mencari Pekerjaan Sampingan

Apabila setelah budgeting, anda merasa pemasukan anda belum mencukupi maka, anda bisa mencari pekerjaan sampingan. Sebenarnya ketika anda sudah memutuskan untuk meminjam, anda sudah tahu bahwa anda harus bekerja ekstra. Sehingga ketika sudah waktunya untuk membayar cicilan anda tak lagi kerepotan. Pekerjaan sampingan tak selalu memiliki modal yang besar, anda bisa memilih pekerjaan yang tak banyak membutuhkan modal.

Seperti jualan online, baik reseller produk, menjual pulsa maupun paket paket streaming ataupun game. Kemajuan teknologi saat ini sangat bisa untuk dimanfaatkan sehingga anda pekerjaan utama anda tak terganggu. Pemasukan tambahan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan keahlian yang anda miliki. Misalnya membuat desain, menjadi guru les hingga pekerjaan seperti ojek dan taksi online. Hanya saja anda harus pandai mengatur waktu anda.

Baca Juga : Tips Dekorasi Ulang Kamar Tidur Agar Makin Nyaman

  1. Membedakan Tidak Memiliki Uang dan Menggunakan Uang Berlebihan

Tidak semua orang yang sedang mengalami keuangan buruk dilihat dari penghasilannya yang kecil. Ada banyak orang yang berpenghasilan tinggi namun tetap tak memiliki uang. Sehingga perlu anda tekankan apakah memang tidak memiliki uang atau sudah menggunakan uang dengan berlebihan. Banyak yang mengaku bokek, tapi ternyata sudah menghabiskan seluruh uang yang dimiliki untuk berbelanja hal hal yang tak diperlukan.

bijak dalam menggunakan uang

 

Jika masih memilih mindset seperti ini, maka akan sulit untuk menyisihkan uang guna membayar cicilan. Sehingga penting untuk membuat perubahan tak hanya pada perencanaan saja. Tapi cara diri kita sendiri untuk mengelola dan mengendalikan mindset agar bisa melunasi hutang. Anda juga harus ketat pada iri sendiri dan memberikan batasan jika memang ingin bisa membayar cicilan tepat waktu dan tidak memperburuk keuangan anda.

  1. Hemat Pengeluaran

Sepertinya hal ini terlihat sederhana dan memang harus dilakukan. Namun nyatanya tak semudah itu untuk menghemat pengeluaran. Tetapi jika anda memang ingin lancar membayar cicilan maka harus melakukannya. Pikirkan sekali lagi, kemana perginya uang anda paling banyak. Sehingga anda bisa mencari cara untuk berhemat namun kebutuhan penting tetap bisa terpenuhi. Jujurlah pada diri anda terlebih dahulu.

  1. Jangan Kembali Berhutang

Anda akan terus terjebak dalam lingkaran hutang jika anda tidak memutuskan untuk berhenti berhutang. Jika memang tidak bisa membayar hutang, jangan membayarnya dengan kembali berhutang. Tutup lobang gali lubang bukanlah sebuah solusi. Justru bisa membuat kondisi keuangan anda semakin buruk. Anda yang masih memiliki cicilan bank atau pinjaman online, sebaiknya berhenti menggunakan kartu kredit.

jangan kembali berhutang

Selain kartu kredit juga sebaiknya tak lagi melakukan pinjaman kepada orang lain. Hutang yang baru akan membuat tanggungan cicilan anda membengkak. Sehingga beban setiap bulannya juga akan bertambah. Bagi yang sudah terbiasa dengan kartu kredit, mungkin akan terasa berat. Namun hal ini menjadi keputusan yang tepat jika anda memang ingin keluar dari hutang hutang anda. Anda bisa melanjutkan hidup dari pemasukan dan pengelolaan keuangan yang baik.

  1. Pastikan Bayar Tepat Waktu

Kondisi keuangan akan semakin memburuk jika anda tak bisa menyediakan dana ketika sudah jatuh tempo. Atau justru menggunakan uang untuk membayar pada kepentingan yang lainnya. Belum lagi anda juga harus menanggung denda atau bunga yang jumlahnya tidak sedikit. Untuk itu pastikan membayar cicilan tepat waktu setiap bulannya agar hutang bisa segera dilunasi.

Mengatur keuangan memang bukan pekerjaan yang mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Anda bisa melakukannya jika memang anda mau dan ingin melakukannya. Hutang bagi beberapa orang bisa menjadi cambuk agar tak malas bekerja, namun juga ada yang membuat beban semakin berat. Yang jelas hutang bisa dibayar lancar jika kita pandai mengelola keuangan diri kita sendiri.

Dan terakhir, kalaupun terpaksa harus hutang di pinjaman online, pastikan pinjaman online yang Anda pilih adalah yang resmi, aman dan terdaftar di OJK seperti Tunaiku. Sehingga Anda pun merasa tenang tanpa ada sedikitpun rasa khawatir.