karpet di kamar

Tips Dekorasi Ulang Kamar Tidur Agar Makin Nyaman

bgtree.net – Kamar tidur bisa dikatakan sebagai zona aman dan zona ternyaman bagi kita. Tidak peduli ukurannya atau bentuknya, kebanyakan orang akan lebih nyaman mengerjakan banyak hal di dalam kamar. Meskipun sebenarnya kamar memiliki fungsi utama sebagai tempat istirahat namun juga bisa menjadi area untuk melakukan hobi. Setiap orang juga memiliki kamar idamannya sendiri, namun tips sederhana berikut akan membuat kamar semakin nyaman.

Tips Untuk Menata Ulang Agar Kamar Tidur Semakin Nyaman

  1. Singkirkan Barang Yang Tak Perlu 

Ketika masuk ke dalam kamar, sudah disuguhkan dengan pemandangan baju kotor yang menggunung tentunya akan membuat tidak betah. Belum lagi terkadang baju kotor ini bertebaran ke beberapa tempat yang tidak seharusnya. Untuk itu jika berencana untuk mendekor ulang kamar tidur, sebaiknya bersihkan dan singkirkan dahulu baju kotor. Bukan hanya baju kotor barang barang yang harusnya dicuci atau tak perlu lagi sebaiknya disingkirkan.

singkirkan barang tidak perlu

Meskipun beberapa kamar ada yang memiliki tempat sampah, namun rasa malas membuat kita enggan membuangnya segera. Bukan sampah saja, barang barang yang sebenarnya tidak terpakai juga bisa memenuhi kamar. Sehingga langkah awal untuk membuat kamar tidur menjadi lebih nyaman adalah menyingkirkan barang yang tidak perlu. Setelah semua ini dirapikan pasti akan membuat kamar kamu menjadi lebih rapi dan terlihat berbeda.

  1. Perhatikan Pencahayaan dan Tambah Wewangian

Tak perlu ribet, dengan mengatur pencahayaan saja kamar kamu bisa berubah menjadi lebih nyaman. Pencahayaan ini seringkali disepelekan, padahal memiliki peranan yang penting pada kamar kamu. Kamar yang lebih cerah akan membuat suasananya menjadi lebih segar dan hidup. Jika ada jendela, sering seringlah membuka jendela dan tirainya ketika siang hari. Ketika malam, kamu bisa menambahkan lampu tidur agar kamar terlihat cozy dan buat tidur makin nyenyak.

Intensitas cahaya yang terlalu kuat bisa mempengaruhi mata untuk enggan terpejam. Sementara lampu tidur umumnya lebih redup dan cocok untuk yang tak bisa mematikan lampu ketika tidur. Selain pencahayaan, kamu juga bisa menambahkan wewangian di dalam kamar tidur kamu. Tambahkan lilin aromaterapi sehingga hawa ruangan maupun harumnya membuat tubuh kamu rileks.  Pilihlah aroma yang memang sesuai dengan kepribadian kamu.

Baca Juga : Tips Memilih Sepeda Gunung Terbaik

  1. Tambahkan Beberapa Barang

Setiap orang memang memiliki kesukaan tersendiri terhadap dekor kamarnya. Namun juga kamu ingin membuat kamar tidur semakin nyaman, kamu bisa menambahkan beberapa barang. Seperti karpet comfy yang akan membuat tampilan kamu berubah. Bukan hanya nyaman, namun tampil aesthetic dan menawan. Sebaiknya karpet yang digunakan berbahan lembut dan nyaman. Membayangkan rebahan di atasnya saja sudah membuat posisi semakin pewe.

karpet di kamar

Barang tambahan lainnya juga bisa berupa bunga segar yang tentunya harus cocok diletakkan di kamar. Salah satu bunga yang bisa kamu pilih adalah bunga lavender. Tidak hanya memiliki aroma yang bisa menenangkan, bunga ini juga bisa membuat nyamuk enggan mendekat. Pot pot kecil dengan isi tanaman yang lucu, akan membuat tampilan kamar terlihat lebih segar dan pastinya akan membuat siapapun yang masuk betah.

  1. Tentukan Warna Tembok Yang Pas

Agar zona nyaman kamu di rumah terlihat makin nyaman, kamu bisa merubah cat kamar kamu. Tips satu ini terlihat sederhana namun memberikan efek yang banyak pada kamar tidur kamu. Pilihlah warna cat yang bisa memberikan nuansa menenangkan atau sesuai dengan kesukaan kamu. Apabila kamu tak ingin warna yang terlalu terang, kamu sebaiknya menghindari memilih warna putih. Sebab warna ini bisa memantulkan banyak cahaya.

Kamu bisa memilih warna hangat seperti biru warna abu abu yang lembut, cream maupun warna biru laut dan biru terang yang dipadukan. Warna warna ini akan memberikan nuansa yang berbeda pada kamar, terkesan lebih calm sehingga kamu akan betah di kamar kamu. Jika kamu tidak mengecat tembok, kamu bisa menghias tembok dengan wallpaper ataupun hiasan yang kamu sukai. Memadukan beberapa warna juga bukanlah ide yang buruk.

  1. Menciptakan Sudut Yang Nyaman

Guna menambahkan faktor kenyamanan saat mendekor ulang kamar, kamu bisa memberikan sudut kecil di kamar kamu. Sulap sudut ini menjadi tempat untuk kamu refreshing atau melakukan hobimu. Bisa dijadikan sudut baca, ataupun hanya sekedar bersantai. Kamu bisa meletakkan beberapa buku di rak dan menambahkan floor pillow atau kursi yang empuk. Sudut ini sebaiknya dekat jendela agar bisa mendapatkan cahaya matahari agar lebih nyaman.

floor pillow untuk di kamar

Membuat kamar semakin nyaman sebenarnya tidaklah sulit, tak harus mengganti semua barang dengan yang baru. Kamu hanya perlu memberikan sedikit sentuhan sehingga terlihat berbeda dan juga nyaman. Meskipun ada banyak dekorasi untuk kamar, yang paling penting adalah menyesuaikan dengan kepribadian kamu. Mengingat setiap orang memiliki selera dan pilihan yang berbeda sehingga kamu bebas mendekor kamarmu seperti yang kamu inginkan.