sepatu kulit

Tips Memelihara Sepatu Kulit dengan Benar

Saat ini sepatu kulit menjadi sebuah barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang. Sepatu kulit memiliki banyak fungsi, seperti bisa dipakai untuk bekerja, dipakai untuk pergi ke acara formal, dan juga sebagai gaya. Sepatu kulit sering kali di “sayangkan” karena bahannya yang cenderung mewah dan juga mahal sehingga membutuhkan perawatan lebih. 

Jika tidak sering dibersihkan dan dirawat dengan benar, maka sepatu kulit akan mudah untuk rusak. Dan ketika hal tersebut terjadi, tentu saja tidak bisa dibenarkan dan mau tidak mau harus membuangnya. Dikarenakan sepatu kulit membutuhkan perawatan yang ekstra dibandingkan dengan sepatu dengan bahan lainnya, namun jangan khawatir karena sebenarnya perawatannya tidak sesusah yang kamu bayangkan. 

Oleh karena itu, mari simak ulasan mengenai bagaimana cara merawat kulit sepatu dengan benar sehingga sepatu kulit bisa bertahan lama. 

Berikut 6 Cara Merawat Sepatu Kulit 

sepatu kulit hitam

1. Lepaskan tali sepatu

Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melepas tali sepatu terlebih dahulu. Biasanya sepatu kulit yang bertali terdapat pada sepatu untuk bekerja, sepatu dengan model wedges dan high heels. Jika sepatu kulitmu juga memiliki tali, maka kamu bisa lepaskan tali nya ketika kamu ingin melakukan perawatan. 

Hal tersebut dilakukan agar menghindari tali menjadi kotor karena terkena noda maupun kotoran. Melepas tali sepatu ini juga mempunyai manfaat lain seperti menghindari sepatu terkena semir dan kondisioner. Ketika kamu melakukan perawatan, maka kamu bisa membersihkan tali tersebut secara terpisah. Dengan cara merendam tali sepatu menggunakan air sabun, menyikatnya dan cuci hingga bersih dan keringkan. 

2. Bersihkan kotoran kering 

Sebelum kamu memulai untuk melakukan perawatan sepatu kulit dengan menggunakan air. Sebaiknya kamu bersihkan debu, batu kerikil ataupun lumpur kering yang menempel. Untuk membersihkannya kamu bisa gunakan sikat sepatu yang memiliki bulu lembut. 

Untuk sepatu dengan bahan suede, pastinya kamu harus gunakan sikat maupun alat khusus untuk membersihkannya. Dan untuk sepatu yang memiliki kulit halus seperti kulit sapi atau domba, maka kamu cukup mengelapnya dengan menggunakan kain yang serat-seratnya lembut.

3. Menyeka sepatu 

Setelah kamu bersihkan dari debu dan kotoran kering, maka tahap selanjutnya yaitu membasuhnya dengan air. Perlu diingat, untuk tahap ini kamu dilarang untuk mengguyur sepatu dengan air. Kamu hanya perlu sedikit air, sabun cair dan handuk yang lembut. 

Saat semuanya sudah siap, maka kamu bisa mulai untuk menyeka sepatu tersebut. Cara pertama, masukkan air kedalam air, lalu peras sampai air sudah tak menetes lagi. Selanjutnya, beri sedikit sabun cair atau kamu juga bisa gunakan pembersih khusus sepatu kulit dan gosokkan kain ke seluruh permukaan sepatu. 

Untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan bahan-bahan tersebut, maka kamu bisa gunakan tisu basah untuk menyeka sepatumu. Pilih tisu bayi dengan serat yang lembut dan mengandung pelembab sebagai pengganti kondisioner. Tisu basah juga bisa menjadi penolong saat sepatumu kotor di kantor atau saat sedang berada di luar rumah. 

4. Keringkan sepatu 

Setelah selesai menyeka seluruh bagian, kamu bisa melanjutkan dengan mengeringkan sepatu. Pastikan tidak ada sisa sabun yang masih menempel pada sepatu. Untuk tahap ini, gunakan kain yang baru untuk membersihkannya dan letakkan sepatu di ruangan terbuka, hindari sepatu terkena paparan sinar matahari secara langsung. Jangan juga kamu letakkan di dekat pemanas karena bisa merubah tekstur dan warna kulit menjadi lebih pudar. 

5. Berikan kondisioner 

Untuk mengeringkan sepatu, kamu memerlukan waktu lama untuk menunggunya. Namun, memang sepatu kamu harus benar-benar dalam keadaan kering sebelum melakukan perawatan selanjutnya. Ketika sepatumu sudah kering, maka kamu bisa lanjutkan perawatan dengan memberikan kondisioner khusus untuk sepatu kulit. Kondisioner ini bisa kamu dapatkan di toko sepatu ataupun di marketplace. Kondisioner berfungsi untuk melembutkan, menutrisi, menjaga kelenturan dan menguatkan kulit sepatu. Untuk cara penggunaannya kamu bisa gunakan kain lap dan sikat khusus yang lembut, lalu gosokkan secara melingkar ke semua bagian. Setelah itu diamkan sepatu selama kurang lebih 30 menit hingga kondisioner meresap sempurna ke dalam kulit. 

Kunjungi: Pinjaman Online 24 Jam

6. Beri semir sepatu 

Jika kamu sudah menyelesaikan semua tahap di atas, maka tahap terakhir yaitu menyemir sepatu agar warnanya lebih mengkilap dan pekat. Kamu bisa gunakan semir sepatu sesuai dengan kesukaanmu. Saat ini sudah banyak sekali semir sepatu yang bisa kamu dapatkan di offline store atau online. 

Demikianlah tips untuk merawat sepatu kulit yang benar, semoga tips ini bisa membantu kamu yang masih bingung dalam hal merawat sepatu kulit. Jangan lupa setelah melakukan perawatan ini kamu juga harus hati-hati saat menggunakannya. Selamat mencoba!