sepeda gunung united

Tips Memilih Sepeda Gunung Terbaik

bgtree.net – Setiap tipe sepeda didesain untuk karakter dan medan yang berbeda, termasuk sepeda gunung. Desain, bahan, frame, dan suspensi dari sepeda ini dibuat dengan tujuan dan penggunaannya untuk medan berat seperti gunung. Jika tertarik untuk membeli, tidak jarang jika Anda akan kebingungan memilih. Apalagi dengan berbagai pilihan yang tersedia. Agar tidak salah beli dan merasa kecewa, berikut tips memilih untuk Anda.  

Inilah Beberapa Tips Memilih Saat Akan Beli Sepeda Gunung Terbaik

  1. Kenali Sepeda Gunung 

Kenali sepeda gunung atau MTB terlebih dahulu, terutama jika belum pernah mencobanya. Cari tahu tentang merek, tentang jenis, ke mana, dan bagaimana sepeda itu akan dikendarai.

sepeda gunung united

Secara gamblang, merek lokal seperti United, Pacific, atau Thrill bisa Anda jadikan pilihan. Namun, merek Lain seperti Polygon, Patrol, Giant, Mosso, dan lain sebagainya juga dikenal dengan kualitas yang diakui oleh para penghobi sepeda. 

  1. Sesuaikan Jenis Sepeda MTB

Secara garis besar, setidaknya ada 5 jenis MTB. Semuanya punya fitur yang berbeda. Jadi, Anda perlu pilih sesuai dengan kebutuhan dan pemakaian. Jenis yang pertama adalah Hardtail. Sepeda ini hanya punya suspensi depan tanpa suspensi belakang dan sangat cocok bagi pengendara pemula. Ada juga jenis sepeda Cross Country, yang biasanya hadir dengan tipe full suspension (suspensi di depan dan belakang). 

Selain itu ada juga Trail Bike yang cocok untuk daerah tanjakan dan turunan karena punya keseimbangan yang baik. Sepeda MTB lainnya adalah jenis Enduro. Jenis yang satu ini lebih sering digunakan untuk jalur yang menurun. Dan yang terakhir adalah sepeda Downhill. Seperti namanya, Downhill lebih banyak digunakan untuk jalan turunan dan punya body yang lebih berat. Bagi pesepeda umumnya, jenis ini sangat tidak dianjurkan karena terlalu berat. 

Baca Juga : Panduan Memilih Produk Keuangan yang Cocok

  1. Jenis Frame 

Perhatikan juga jenis dan ukuran frame. Setiap tipe akan hadir dengan ukuran dan bahan yang berbeda. Pada dasarnya, standar bahan frame adalah Aluminium Alloy atau Alloy saja. Namun tidak menutup kemungkinan barang keluaran lama yang terbuat dari bahan besi. Tidak sedikit pula produk yang dibuat dengan bahan karbon, yang dikatakan lebih ringan, namun lebih mahal. Bahkan banyak yang berpikir bahwa bahan karbon adalah yang terbaik.

bahan dasar frame sepeda gunung

Tapi nyatanya tidak demikian. Cukup banyak anggapan tentang harga mahal bahan karbon tidak sesuai dengan kekuatan dan keawetannya. Persepsi ini kian lama semakin berkurang karena kualitas desain bahan karbon yang tampak lebih baik. Namun aluminium yang lebih murah juga bisa jadi pilihan. Lalu mana yang terbaik? Setiap jenis bahan itu berbeda dan punya kelebihannya masing-masing. Lebih baik Anda sesuaikan dengan pemakaian. 

  1. Ukuran Frame

Jangan remehkan ukuran frame karena perlu disesuaikan dengan tinggi badan pengguna. Tidak sedikit merek sepeda MTB yang hadirkan pilihan sepeda dengan ukuran atau tinggi frame yang berbeda. Ada baiknya Anda tanyakan pada penjual untuk mencari ukuran yang sesuai. Pada umumnya patokan ukuran yang bisa digunakan adalah tinggi badan <170 cm pakai ukuran S/16”, tinggi 171 – 175 sepeda ukuran M/18”, dan tinggi >176 pakai L/20”. 

  1. Kenali Ukuran Diameter Ban 

Pada dasarnya standar diameter ban sering kali berubah. Ada yang 27,5 inci plus atau hanya 27,5 inci saja. Perlu diketahui bahwa setiap ukuran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Namun, sebagian besar produsen MTB gunakan ukuran standar 27,5. Jika Anda ingin mencari suatu produk dengan diameter ban lebih besar, ada baiknya Anda tanya pada staff atau toko untuk ditunjukkan merek yang menyediakan opsi lain. 

  1. Jenis Fork 

Pilih jenis fork / suspensi yang sesuai juga perlu diperhatikan. Pada jenis sepeda gunung, ada dua macam fork yang bisa dipilih. Fork berisi angin (air shock) atau fork berisi pelumas atau grease.

jenis fork sepeda gunung

Secara biaya, suspensi jenis pelumas lebih ramah kantong dan banyak sekali diproduksi. Selain itu, Anda juga perlu pertimbangkan fork yang bisa di lock out atau kunci. Fork ini bisa membuat suspensi mengeras, sehingga lebih nyaman saat dikendarai di jalan datar. 

  1. Mencoba Banyak Sepeda Terlebih Dahulu

Sudah yakin dengan pilihan sepeda MTB? Jangan langsung beli, pastikan untuk melakukan test drive atau mencobanya terlebih dahulu. Meskipun Anda sudah memilih sesuai dengan kebutuhan, kesesuaian lokasi untuk dikendarai, hingga ukuran yang sesuai, aspek nyaman hanya bisa diketahui setelah dicoba. Minta waktu pada staff untuk mencoba sejenak. Apakah nyaman? Itulah yang perlu Anda cari tahu. 

Bisa digaris bawahi bahwa memilih atau membeli sepeda gunung itu tidak bisa disepelekan. Apalagi jika Anda akan mengendarainya di medan yang berat. Rasa nyaman dan keamanan harus dijadikan nomor satu. Karena itulah, memahami segala komponen sepeda sangat penting. Begitu juga dengan tujuan pemakaian, jenis bahan, dan frame. Semuanya perlu disesuaikan dan dipilih dengan teliti untuk mengurangi risiko kecelakaan.