Tips Mudah Klaim Asuransi Mobil Tanpa Penolakan

Asuransi mobil merupakan bentuk perlindungan dari pemilik atas segala macam kerusakan ataupun kehilangan yang terjadi saat menggunakan kendaraan roda empat dengan cara membayar sejumlah uang kepada perusahaan asuransi. Kalau terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan pada kendaraan, pihak asuransi mobil wajib memberikan uang kompensasi kepada pemegang polis.

Pentingnya memiliki asuransi adalah dapat melindungi kendaraan kita dari berbagai risiko. Misalnya saat kecelakaan, walaupun sudah sangat berhati-hati belum tentu kita dapat menghindari kondisi tersebut. Sayangnya masih banyak orang mengabaikan peran asuransi mobil hingga berakhir dengan penyesalan. Padahal kita akan sangat terbantu secara finansial.

Mengenal Jenis-jenis Asuransi Mobil

Mempunyai mobil adalah impian semua orang. Hanya saja belum dapat dijangkau dengan mudah, mengingat harganya yang relatif mahal. Tak heran kalau banyak orang merawat mobil dengan sangat baik setelah memilikinya. Salah satunya dengan mendaftarkan kendaraan ke asuransi. Tapi, tahukah Anda apa saja jenis-jenis asuransi mobil yang ada saat ini?

Pertama ada asuransi All Risk yang dapat menjamin segala resiko buruk terhadap mobil Anda. Asuransi ini bisa memberikan perlindungan dari kerusakan ringan seperti lecet hingga risiko berat seperti kehilangan. Dikutip dari Cermati.com, hitungan premi asuransi ini cukup mahal.

Selanjutnya ada asuransi Total Loss Only atau dikenal dengan singkatan TLO, merupakan asuransi yang dapat memberikan jaminan kepada mobil yang mengalami kehilangan total. Maksudnya adalah saat mobil mengalami kerusakan parah lebih dari 75% atau hilang karena dicuri, asal punya bukti alid yang dapat dipertanggungjawabkan maka pemegang polis dapat melakukan klaim kepada perusahaan asuransi.

Perbedaan kedua jenis asuransi mobil ini terletak pada harga dan perlindungan yan diberikan. TLO memang lebih terjangkau dari All Risk yang relatif mahal. Kemudian ada asuransi Collision Coverage yang dikhususkan untuk membiaya kecelakaan mobil yang diakibatkan pengemudi. Seluruh biaya ganti rugi dan kerusakan akan ditanggung oleh asuransi.

Sudah punya asuransi mobil tapi belum tahu cara klaimnya? Yuk simak informasi berikut ini.

Tips Supaya Klaim Asuransi Mobil Disetujui

Mobil rusak karena kecelakaan atau hilang dicuri? Tenang, kalau Anda sudah mendaftarkan mobil pada perusahaan asuransi maka masalah biaya tak perlu dikhawatirkan. Sebagai pemilik Anda tak perlu menanggung berbagai risiko kerugian apabila sudah mendapatkan layanan asuransi terbaik. Namun sebelum mengajukan klaim, penting untuk memahami aturan serta kebijakan dari perusahaan asuransi. Anda tidak boleh mengabaikan hal ini karena dapat mempengaruhi persetujuannya nati.

Pada umumnya, klaim asuransi dapat bermasalah apabila tidak sesuai prosedur yang ditentukan pihak asuransi. Pemegang polis yang tak memenuhi persyaratan dapat berisiko ditolak saat mengajukan klaim. Supaya tidak mengalami hal tersebut, kamu harus lakukan tips berikut.

Menghubungi Pihak Asuransi Segera Setelah Terjadi Sesuatu Hal

Saat mobil hilang atau mengalami kecelakaan, maka segera hubungi pihak asuransi mobil untuk mendapatkan layanan asuransi Anda. Umumnya pelaporan ini dilakukan paling lambat 3×24 jam setelah kejadian, sehingga harus secepat mungkin agar proses pengajuan klaim dipermudah. Pihak asuransi juga membutuhkan waktu untuk melakukan survey. Saat ditanya, Anda dapat menjelaskan kronologi kejadian secara rinci supaya dimengerti pihak asuransi.

Supaya mobil segera mendapatkan perbaikan setelah mengalami kecelakaan, segera ajukan klaim untuk mendapatkan perbaikan di bengkel rekanan. Pihak asuransi akan menyerahkan formulir klaim, silahkan diisi dengan lengkap. Anda juga harus menyiapkan dokumen pengajuan klaim yang diminta.

Menyiapkan Bukti Kecelakaan

Untuk mempermudah proses klaim mobil, Anda dapat menyiapkan bukti kecelakaan yang memadai untuk dilihat pihak asuransi. Anda juga bisa membawa bukti tersebut saat melaporkan kepada pihak berwajib. Silahkan ambil foto yang jelas terkait dengan kondisi mobil setelah kecelakaan sebagai buktinya.

Menjelaskan Kronologi Kejadian atau Kondisi Lainnya

Pihak asuransi akan meminta Anda menjelaskan kronologi kecelakaan atau kondisi lainnya saat mengajukan klaim asuransi. Untuk itu Anda harus menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan staf perusahaan asuransi. Supaya lancar, pastikan memberi jawaban dengan baik dan tepat. Kalau perlu ingat baik-baik mengenai lokasi, waktu kejadian, dan sebagainya yang berhubungan dengan kronologi kecelakaan.

Melengkapi dan Menyerahkan Dokumen Secara Lengkap

Ada beberapa dokumen penting yang dibutuhkan pada saat proses pengajuan klaim ke perusahaan asuransi mobil. Setiap perusahaan biasanya membedakan dokumen berdasarkan kejadian, beberapa diantaranya ada:

  •       Formulir pengajuan klaim yang sudah terisi lengkap
  •       Bukti kejadian seperti foto dan sebagainya
  •       Surat keterangan dari pihak berwajib
  •       Fotokopi kartu identitas diri dan SIM pengemudi
  •       Fotokopi polis asuransi

Jika bukan kecelakaan tunggal, maka Anda perlu melengkapi beberapa dokumen tambahan seperti:

  •       Fotokopi kartu identitas, STNk dan SIM pihak ketiga
  •       Surat pernyataan bahwa pihak ketiga tidak memiliki layanan asuransi
  •       Surat pernyataan dari pihak ketiga atas tuntutan ganti rugi lengkap dengan materai.
  •       Surat keterangan terkait kecelakaan dari pihak berwajib.

Sementara untuk dokumen pengajuan klaim atas kehilangan atau pencurian diantaranya ada:

  •       Surat pemblokiran STNK kendaraan
  •       Surat keterangan terkait kejadian pencurian dari pihak berwajib
  •       Fotokopi STNK, SIM, KTP
  •       Menyerahkan formulir pengajuan klaim yang sudah terisi lengkap

Silahkan ikuti tips-tips di atas, dijamin klaim asuransi mobil Anda akan disetujui. Semoga lancar.