waktu menikah

Waktu yang Tepat untuk Menikah

Apakah kamu sedang memiliki hubungan spesial dengan seseorang? Berapa lama kamu dan dia menjalin hubungan? Lalu kapan sih waktu yang pas untuk menikah? Pada dasarnya tidak ada patokan kapan atau usia yang tepat untuk seseorang melakukan pernikahan.

Seluruh keputusan dalam hidup ada di tangan kamu sendiri dan juga pasangan. Ada hal yang lebih penting dari memikirkan waktu yang tepat untuk menikah, yakni kualitas antara kamu dan pasangan dalam menghabiskan waktu bersama, hal ini jauh lebih penting.

Riset dari para ahli menyarankan untuk setidaknya menghabiskan 12 bulan sampai 18 bulan untuk kamu menjalin hubungan spesial bersama pasangan sebelum lanjut ke jenjang pernikahan. Dibawah ini terdapat beberapa ciri-ciri ketika kamu seharusnya memikirkan pernikah, berikut penjelasannya.

1. Ketika Sudah Percaya Diri

Sikap percaya dengan diri itu sangat penting. Apabila tidak ada kepercayaan diri, berarti kamu menganggap bahwa sebuah pernikahan itu tidak serius. Mungkin saja kamu masih perlu mempertimbangkan untuk menikah sebab masih ingin mengejar karir atau sedang fokus dengan pendidikan lebih tinggi lagi. Hal ini tentu tidak masalah, bisa saja hal tersebut nantinya dapat menjadi bekal untuk kamu dan menjadi lebih siap jika harus menikah.

2. Ketika Memiliki Komunikasi Baik dengan Pasangan

Kunci dari hubungan yang harmonis adalah komunikasi yang baik. Sebuah konflik pasti akan muncul dan sering terjadi. Tapi, semua masalah ini dapat diatasi dengan mudah jika antara kamu dan pasangan memiliki komunikasi yang baik. Selain itu, namanya manusia pasti mengalami perubahan. Dengan adanya komunikasi tersebut, kamu dan pasangan dapat mengerti satu sama lain dari masa ke masa.

3. Ketika Timbul Rasa Tidak Ingin Sendiri Lagi

Orang tua tidak akan menemani kamu selamanya. Sama halnya dengan para sahabat yang mungkin datang bergantian dan tidak selamanya. Maka dari itu, kamu membutuhkan pasangan yang dapat menemani kamu untuk selamanya, entah dalam kondisi apapun. Apabila kamu telah merasa hal seperti ini, bisa disimpulkan bahwa kamu telah siap melakukan pernikahan.

4. Merasa Yakin dengan Rasa CInta Terhadap Pasangan

waktu menikah

Rasa cinta merupakan tiang utama dalam menjalin hubungan pernikahan. Bisa dibayangkan bila rumah tangga yang dijalankan tanpa adanya cinta, tentu sangat hampa. Apabila kamu telah mencintainya serta rela berkorban dalam hal apapun, ini sudah menjadi tanda besar bahwa kamu sudah sangat tulus. Dari pada ditunda dan ujung-ujungnya muncul masalah baru. Kamu bisa lanjut ke jenjang pernikahan jika sudah seperti ini.

5. Sudah Siap Membangun Sebuah Keluarga Kecil

Jika kamu sudah merasa siap menikah, berarti secara tidak langsung kamu juga siap agar memiliki keturunan. Hal ini dikarenakan tujuan mulia ketika melakukan pernikahan yakni dapat melanjutkan keturunan. Tidak ada salahnya bila kamu masih ingin menunda momongan, tapi jangan pernah berpikir untuk tidak memiliki anak.

6. Sudah Menerima Pasangan Apa Adanya

Jika sudah menikah berarti kamu sudah siap menerima semua kekurangan yang ada pada pasangan kamu. Ingat, kamu akan menjalani kehidupan bersama pasangan yang besar kemungkinan memiliki kebiasaan dan kepribadian yang berbeda jauh dengan kamu. Solusinya adalah mengedepankan toleransi dalam sebuah perbedaan.

Kamu tidak akan bisa memaksa pasangan untuk berubah menjadi orang lain atau mengikuti apa yang kamu mau. Berilah dia kebebasan untuk menjadi diri sendiri. Tapi, kamu memiliki hak sepenuhnya dan mengingatkan pasangan kamu bila dia melakukan sebuah kesalahan.

7. Dapat menyatukan Keluargamu dan Keluarga Pasanganmu

Bila kamu ingin menikah, kamu juga harus memikirkan untuk bisa menyatukan dua keluarga besar. Karena sejatinya pernikahan itu bukan tentang kamu dan pasanganmu saja melainkan juga menyatukan dua keluarga besar dari masing-masing individu. Bisa jadi keluarga kamu dan pasangan memiliki latar belakangnya yang sama. Namun bisa juga datang dari ras, suku serta bahasa yang berbeda. Namun saat ini, hal tersebut bukanlah sebuah masalah.

Pastinya ketika akan menikah perlu banyak sekali pertimbangan, tidak ada salahnya bila kamu memikirkannya dahulu dan kamu dapat berdiskusi dengan pasangan agar bisa mencari jalan keluar dan dapat menguatkan kamu agar mau dan sanggup untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan. 

Kapan Kamu Siap Menikah ?

Semua keputusan ada ditangan kamu sendiri, point-point diatas diambil dari hasil survei saja. Tentu tidak ada patokan atau batasan usia paling ideal dalam menjalin hubungan spesial sebelum lanjut ke sebuah pernikahan.

Ujung-ujung ada ditanganmu sendiri semua keputusan kapan waktu yang pas untuk melakukan pernikahan. Bisa dilakukan dari usia 20, 30 hingga 40, semua ada di tangan kamu sendiri. Faktanya pernikahan dan juga perceraian merupakan peristiwa yang tidak bisa kita ukur lewat angka. Maka dari itu, yang bisa merasakan kondisi dalam diri hanya kamu yang tau.