terdaftar di otoritas jasa keuangan

Waspada! Inilah Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal 

bgtree.net – Mencari tambahan biaya untuk memenuhi kehidupan sehari-hari memang sesuatu yang wajar dilakukan. Banyak masyarakat memilih meminjam sejumlah uang ke layanan pinjaman online yang saat ini sedang populer sebagai cara terbaik yang dapat dilakukannya. Namun, tidak sedikit pula yang terjerat hutang besar dan berujung pada penyitaan aset karena tidak jeli menentukan pinjaman online. 

Bila suatu pinjaman online mengklaim jasa mereka dapat dipercaya dan aman digunakan, sudah seharusnya mereka terdaftar di OJK seperti Tunaiku. Sayangnya, masih banyak orang yang mudah percaya dan termakan janji palsu yang diberikan jasa pinjaman ilegal ini. Agar tidak terjebak pinjaman online abal-abal, maka Anda perlu mengenali ciri-ciri pinjaman online ilegal berikut. 

Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal yang Harus Dikenali

1. Tidak Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Situs resmi pinjaman online terpercaya seperti Tunaiku akan mencantumkan logo OJK yang menandakan bahwa perusahaan mereka beroperasi secara legal. Memasang logo OJK di situs resmi membuktikan perusahaan tersebut telah terdaftar dan memiliki kredibilitas sebagai pinjaman online. 

terdaftar di otoritas jasa keuangan

Dari hal ini seharusnya Anda sudah dapat menilai apakah pinjaman online tersebut statusnya masih ilegal atau sudah legal. Pinjaman online terdaftar OJK atau pinjaman online OJK memang harus mencantumkan logo tersebut dan memang sudah peraturannya. Namun waspadai juga pinjaman online tidak resmi yang sering memasang logo OJK di situs abal-abal mereka.

Jadi, tidak cukup melihat dari logo OJK yang dipasangkan dalam website saja, namun juga memastikan kebenaran pinjaman online legal melalui situs resmi OJK. Anda dapat melakukan konfirmasi terhadap jasa pinjaman yang ditemukan dengan mengecek legalitasnya melalui situs resmi milik OJK yang bisa diakses secara bebas oleh masyarakat. 

2. Memberikan Bunga Cicilan Tinggi Hingga Tidak Terbatas

Bunga cicilan tinggi hingga tidak masuk akal pasti ditawarkan oleh pinjaman online ilegal dalam aksinya. Tidak jarang akumulasi dan batasan bunga menjadi tidak terbatas. Pinjaman online resmi biasanya memiliki batasan bunga dan jumlah harinya. Adapun batasan akumulasi pinjaman online resmi seperti Tunaiku adalah 90 hari dengan batasan bunga paling maksimal di 100%.

Namun, perjanjian tersebut tidak akan Anda temukan pada pinjaman online ilegal yang menerapkan bunga cicilan dan akumulasi harian tidak terbatas jumlahnya. Selain itu, denda bunga keterlambatan juga sangat tinggi dan sangat merugikan para peminjam. Pihak pinjaman online ilegal juga tidak menjelaskan secara terang-terangan mengenai masalah bunga pinjaman tersebut. 

Jadi, jangan sampai Anda mengalami kerugian besar akibat terjebak cara licik oknum tidak bertanggung jawab berkedok jasa pinjaman uang ini. Jika sudah terlanjur maka siap-siap diteror seperti yang dilakukan oleh para rentenir. Segera lunasi hutang Anda agar tidak berurusan lagi dengan pinjaman online abal-abal yang merugikan tersebut. 

Baca Juga : Tips Agar Lancar Membayar Cicilan di Bank atau Pinjaman Online

3. Tidak Memiliki Informasi Perusahaan yang Jelas

Perusahaan pinjaman online resmi jelas akan mencantumkan informasi perusahaan yang jelas dan lengkap. Mulai dari latar belakang perusahaan, produk atau jasa yang disediakan, alamat kantor, kontak yang bisa dihubungi, nama pengelola, jajaran direksi bahkan nama pemilik pinjaman online tersebut. Anda patut waspada apabila menemukan suatu pinjaman online yang tidak memiliki informasi lengkap dan jelas mengenai perusahaannya. 

Jika sudah menyangkut masalah keuangan, memang sepatutnya perusahaan tersebut lebih transparan dan memperlihatkan informasinya. Sehingga, apabila di masa mendatang terjadi hal buruk yang merugikan nasabah, perusahaan tersebut dapat dimintai pertanggungjawaban seperti di Tunaiku. 

Hal ini telah menjadi aturan paling dasar agar masyarakat percaya dengan perusahaan pinjaman online tersebut dan mau mengajukan pinjaman dana. Dengan kata lain, Anda sebagai nasabah lah yang harus jeli melihat ciri-ciri dari pinjaman online ilegal ini.  

4. Mudah Mencairkan Pinjaman

Dana cepat cair tanpa memenuhi syarat khusus ternyata menjadi ciri-ciri pinjaman online ilegal selanjutnya. Masyarakat kita memang mudah tergiur dengan tawaran uang cepat cair dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Meskipun pinjaman online resmi juga memberi tawaran yang sama, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi nasabah sebelum pengajuan dana disetujui bukan.

cara pinjam di aplikasi pinjaman online

Tingkatkan kewaspadaan Anda terhadap tawaran uang cepat cair tanpa syarat dari pinjaman online ilegal. Ketahuilah bahwa proses validasi atau verifikasi pengajuan dana nasabah tidak bisa semudah dan secepat itu. 

Meskipun pinjaman online resmi sering mengkampanyekan dana pinjaman cepat cair dan syarat mudah, namun belum tentu pinjaman dana disetujui jika tidak memenuhi syarat yang diminta. 

Jadi, jika tidak ingin terjerat hutang besar, maka kenali ciri-ciri pinjaman online ilegal tersebut. Dan sudah seharusnya nasabah yang cerdas akan memilih aplikasi pinjaman online terpercaya terdaftar OJK seperti Tunaiku. 

Mengapa Memilih Tunaiku sebagai Pinjaman Online Terpercaya? 

Dengan memilih Tunaiku sebagai tempat mengajukan pinjaman mulai dari 2 juta hingga 20 juta rupiah, nasabah akan diberi segala kemudahan. Baik dari syarat yang tidak ribet, proses pengajuan dana cepat melalui online, bunga cicilan mulai 3%-4%, hingga masa tenor yang panjangnya mencapai 20 bulan. 

Dalam kurun waktu 1-3 hari saja, uang pinjaman yang disetujui Tunaiku akan dikirim langsung ke rekening peminjam. Sehingga, nasabah tidak perlu lagi merasa was-was karena telah memilih pinjaman online tepat seperti Tunaiku yang terdaftar OJK ini.