Hobi Membaca bisa Bantu Pikiranmu Fokus

Hobi Membaca bisa Bantu Pikiranmu Fokus

Aktivitas membaca buku umumnya dilakukan disaat ada waktu luang sekaligus dapat menjadi aktivitas yang bisa menstimulasi kerja otak agar tetap aktif berpikir. Semua orang mungkin sudah tahu bahwa buku dari dulu memang dikenal sebagai sebuah jendela dunia dan menjadi salah satu tips untuk bisa terus menambah ilmu pengetahuan mengenai banyak hal.

Entah itu fiksi atau karangan maupun nonfiksi atau karya ilmiah sekalipun, buku akan tetap menjadi salah satu media media bacaan yang berisikan berbagai informasi yang dapat menambah wawasan para pembacanya

Bila terbiasa membaca juga dapat membuat kemampuan seseorang dalam menganalisis sesuatu hal lebih tajam serta dapat mempengaruhi perilaku serta pengelolaan emosi pada dirinya sendiri. Lantas, banyak yang mengatakan apakah benar orang yang sering membaca mempunyai kehidupan yang jauh lebih bahagia, lebih fokus atau berbagai macam manfaat lain?

Nah, untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka akan dijelaskan secara rinci soal apakah benar membaca dapat membuat seseorang lebih fokus, bahagia dan lain sebagainya. Simak artikel ini sampai habis ya !

Sering Diklaim dapat Membuat Hidup Lebih Bahagia

Dikutip dari sebuah studi yang dilakukan oleh universitas ternama di tahun 2013 yaitu Emory University dimana mereka melakukan sebuah perbandingan atas hasil scan otak  dari orang yang memiliki kebiasaan membaca buku dengan mereka yang tidak.

Menjadi bagian dari upaya penelitian, kedua orang tersebut diminta untuk membaca literatur klasik, serta hal tersebut berhasil memperlihatkan perbedaan pergerakan otak yang sangat berbeda. Hal ini bisa dilihat dari peningkatan aktivitas pada sisi korteks temporal sebelah kiri yang berkaitan oleh pemahaman bahasa dari seseorang.

Riset tersebut menyatakan bahwa orang yang sering membaca buku lebih bahagia dibanding orang yang tidak suka membaca buku. Berhubungan dengan pembahasan ini, agar lebih jelas lagi, berikut ulasan mengenai manfaat dari membaca buku bagi kehidupan manusia.

Manfaat Membaca Buku

Siapa sih yang tidak tahu dengan tokoh bernama Stephen Hawking, seorang fisikawan berasal dari negara Inggris yang terkenal dengan teori beluai tentang black hole, dan ia juga dikenal sangat suka membaca buku.

Stephen Hawking pun juga populer dari buku hasil karyanya sendiri dengan judul A Brief History Time, yang mana buku ini sangat laris dipasaran hingga tersebar ke seluruh penjuru dunia. Tidak hanya itu, Hawking pun dikenal dengan kejeniusannya dan dilahirkan dari keluarga yang juga unik.

Mengapa dikatakan unik? Karena saat keluar Hawking sedang mengadakan acara makan bersama, semua keluarganya akan menyantap makan sambil sibuk membaca buku bacaannya masing-masing. Nah, kebiasaan inilah yang diduga menjadi pemicu mengapa beliau dikenal sebagai sosok yang bukan hanya cerdas saja, tapi sudah berada di level jenius atau di atas kecerdasaan rata-rata manusia pada umumnya.

Dari beberapa penelitian yang sudah-sudah, sering membaca buku dapat membuat seseorang mempunyai kecerdasan lebih bila dibandingkan oleh orang yang jarang atau tidak pernah sama sekali membaca buku.

Tapi, tahukah bahwa dengan membaca buku akan memberikan begitu banyak manfaat bagi kehidupan seseorang? Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang muncul akibat sering membaca buku yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Hobi Membaca bisa Bantu Pikiranmu Fokus

1.       Mengurangi stress

Aktivitas membaca yang dilakukan terus menerus atau rutin dilakukan setiap hari dapat membantu menekan pertumbuhan hormon stress pada seseorang, seperti hormon kortisol. Tidak hanya itu saja, dengan sering membaca juga akan menciptakan pikiran lebih santai serta membantu menurunkan kadar stress sampai 70%.

2.       Menstimulasi mental

Manfaat berikutnya dari kegiatan membaca yakni juga bisa merangsang mental seseorang dan mencegahnya dari beberapa penyakit, seperti demensia dan alzheimer. Di samping itu, dengan membaca buku juga akan membuat otak tetap aktif serta dapat menjalankan fungsinya secara benar dan baik.

3.       Meningkatkan kualitas memori

Apabila Anda membaca buku cukup sering tentu akan membuat otak terus bekerja yang berakibat terjadinya peningkatan kualitas dari otak tersebut, lebih tepatnya dalam upaya mengingat suatu hal. Maka dari itu, kebiasaan membaca buku bisa meningkatkan kualitas akan memori otak Anda.

Membaca buku akan membuat otak Anda bekerja dan berakibat pada peningkatan kualitas otak Anda dalam melakukan proses mengingat. Oleh karena itu, membaca buku dapat meningkatkan kualitas memori Anda.

4.       Meningkatkan keterampilan untuk berpikir kritis

Memiliki kebiasan membaca juga akan mempengaruhi kemampuan seseorang dalam berpikir kritis serta kemampuan dalam menganalisa sebuah permasalahan. Jika terbiasa membaca sebuah buku, tentu Anda juga akan terbiasa untuk berpikir secara runtut serta semakin sering membaca buku, bisa menjadi orang yang skeptis serta bertanya-tanya ke banyak macam hal.

5.       Meningkatkan konsentrasi dan fokus

Untuk Anda yang saat ini sedang kesulitan berkonsentrasi dan fokus, membaca buka dapat dijadikan sebagai solusi untuk dapat mengembalikan konsentrasi dan tingkat kefokusan Anda. Banyak sumber mengatakan, dengan sering membaca buku bisa membuat otak lebih konsentrasi dan tingkat  kefokusan dapat meningkat.