mobil tua

Ingin Membeli Mobil Tua? Berikut Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Mengoleksi mobil tua bisa jadi hobi dan hiburan untuk melepas penat. Di Indonesia sendiri cukup banyak selebriti yang gemar mengoleksi sejumlah mobil tua. Apakah Anda juga demikian? Atau mungkin Anda baru saja berencana membeli mobil tua dan ingin memodifikasinya? Sebelum mengambil keputusan dengan matang, ketahuilah bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli mobil tua. Seperti usia mesin yang sudah lawas dan onderdilnya yang jarang dijual di pasaran.

Karena banyak yang sudah tidak diproduksi lagi, tidak jarang harga mobil tua sangat fantastis dan terus menerus meningkat. Jadi, bagi Anda yang ingin membeli mobil lawas, perhatikan beberapa aspek seperti surat-surat, interior, eksterior maupun mesin. Jangan hanya tergiur dengan murahnya harga jual mobil tapi tidak layak untuk dikendarai.  

Perhatikan Hal-hal ini Saat Membeli Mobil Tua Agar Tak Menyesal

Apa saja yang harus dicermati saat ingin membeli mobil tua? Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan calon pembeli:

1. Perhatikan Anggaran Anda

Perhatikan anggaran yang dimiliki apakah sudah mencukupi untuk membeli mobil bekas.  Anda juga bisa melakukan riset terhadap harga jual mobil tua di pasaran saat ini. Kemudian bandingkan dengan anggaran yang dimiliki, apakah kondisi finansial sekarang cocok dengan mobil yang diincar. Tipsnya adalah menyiapkan budget khusus untuk membeli mobil tua secara realistis. Anda juga harus konsisten dengan anggaran yang dibuat sebelumnya. Lebih baik tunda dahulu keinginan untuk membeli sampai Anda menemukan harga yang cocok. Tapi Anda juga bisa melanjutkan keputusan tersebut jika sudah ada harga mobil tua yang cocok dengan anggaran.    

Download: Aplikasi Bank Digital Senyumku

2. Lihat Harga Pasaran

Mobil tua yang diproduksi tahun 90-an biasanya dibanderol dengan harga Rp. 20-50 jutaan. Semakin murah harga mobil, maka semakin banyak hal yang perlu diperhatikan pembeli.

3. Cek Semua Surat-Surat Kelengkapan

Setelah memastikan anggaran cukup, langkah selanjutnya adalah mengecek semua surat-surat kelengkapan mobil tersebut seperti STNK, BPKB, dan sebagainya. Jangan lupakan hal penting ini setelah Anda deal dengan mobil tersebut. Cocokkan nomor yang ada di body dan mesin mobil dengan nomor yang tertera pada STNK dan BPKB. Moil tersebut aman untuk dibeli jika kedua nomor tersebut cocok. Tapi jika tidak, sebaiknya tunda dahulu keinginan untuk membeli karena bisa jadi mobil tersebut hasil curian.  

4. Periksa Bagian Body Mobil

Datangi langsung tempat penjualan mobil tua yang Anda inginkan, kemudian periksa kondisi body mobil tersebut.  Anda juga dapat mencari tahu tentang sejarah mobil yang akan dibeli, apakah pernah tabrakan atau bekas kecelakaan. Hal ini penting untuk dilakukan sebelum benar-benar membeli mobil tua yang sudah pernah dipakai orang lain.

Disarankan mencari mobil tua dengan bagian body yang masih baik, mulus, dan tanpa cacat.  Jangan kira Anda akan lebih berhemat apabila membeli mobil dengan kondisi body kurang baik, pikiran ini salah total.  Jadi, ingatlah untuk mengecek kondisi badan mobil, apakah ada penyok, goresan, atau karat.  Setelah mengecek detail setiap bagian luar body mobil, Anda juga dapat mengecek kondisi plafonnya. Apakah masih bagus dan dapat berfungsi dengan baik. Kemudian berlanjut pada bagian ban, lampu, dan bawah mobil dengan teliti.

5. Nyalakan Mesin Kendaraan

Tips membeli mobil tua lainnya yang wajib dilakukan setelah mengecek bagian luar dan dalam mobil adalah menyalakan mesin kendaraan. Setelah itu, perhatikan bunyi yang muncul saat mobil dinyalakan. Amati dan dengar secara seksama. Anda juga dapat mengecek kondisi knalpot mobil tua, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Gunakan jari Anda untuk mengecek jelaga yang ada di dalam knalpot, pastikan jelaga tersebut berada dalam kondisi kering.  

6. Cek Kelengkapan Orisinil

Apabila bagian mobil tidak dimodifikasi (masih orisinil) bisa jadi harga jualnya sangat tinggi, apalagi jika fungsinya masih bagus. Ini berarti pemilih sebelumnya merawat dan menjaga keaslian spare part dengan sangat baik. Kami katakan sekali lagi, jangan pernah Anda tergiur dengan harga mobil tua yang murah. Cari tahu informasinya terlebih dahulu dan lakukan pengecekan secara langsung supaya tidak menyesal di kemudian hari.

7. Periksa Bagian Pintu dan Kap Mesin

Untuk mengetahui apakah kendaraan yang akan dibeli pernah mengalami tabrakan atau kecelakaan, Anda dapat memeriksa bagian pintu dan kap mesin. Kendaraan yang tidak pernah mengalami tabrakan parah biasanya masih mempunyai seal yang asli.

8. Waspadai Mobil Tua Bekas Banjir

Kalau Anda menemukan mobil tua yang dijual di bawah harga pasaran, sebaiknya lebih berhati-hati. Bisa jadi mobil tersebut bekas rusak akibat menerobos banjir sehingga dijual dengan harga murah. Untuk itu, perhatikan bagian sasis dan body mobil, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak.

Apakah Anda sudah siap membeli mobil tua idaman? Jika merasa ragu untuk membeli sendiri, Anda bisa menggunakan jasa pengecekan dan teknisi terlatih. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.