Kalau Hobi Menggambar, 4 Profesi ini Bisa jadi Pilihan

Kalau Hobi Menggambar, 4 Profesi ini Bisa jadi Pilihan

Siapa pun pasti mendambakan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang disukai atau dicintainya. Setuju ? Karena beban kerja jadi terasa ringan dan kebiasaan mengeluh akan lebih berkurang.

Pada dasarnya setiap kegiatan yang sering kita lakukan dan kita sukai atau biasa disebut dengan hobi, sangat mungkin untuk jadi sebuah profesi. Tak terkecuali hobi menggambar. Nah, apa kamu termasuk orang yang hobi menggambar ? Kalau iya, jadikan keahlianmu itu sebagai peluang untuk menghasilkan uang. Apalagi di jaman yang apa-apa serba modern seperti sekarang ini, bisa dibilang semua hobi sangat mungkin mendatangkan cuan.

Menggambar bukan sekedar aktivitas menyenangkan untuk habiskan waktu luang. Kalau ditekuni terus menerus, aktivitas ini akan menjadi sesuatu yang bermanfaat nantinya. Nah, buat kamu yang memang punya hobi menggambar, kami berikan beberapa pilihan profesi yang cocok di bawah ini. Yuk, simak ulasan dari kami !

1. Arsitek

Salah satu profesi yang cukup rumit dari hobi menggambar yakni arsitek. Karena pekerjaan arsitek bukan sekedar bisa menggambar sketsa bangunan saja, tapi juga harus jago memperhitungkan elemen-elemen dari bangunan itu sendiri. Misalnya memperhatikan kapasitas bangunannya, ventilasi ruang sampai penyaluran air melalui pipa.

Seorang arsitek harus memastikan setiap detail yang terkait dengan bangunan, sudah benar-benar diperhitungkan. Tidak ada satupun yang boleh terlewat. Tanggung jawabnya tentu cukup besar, maka dari itu untuk jadi arsitek kamu harus bergelar sarjana teknik arsitektur lebih dulu. Selain gelar sarjana, kamu akan semakin dipercaya kalau sudah mengantongi sertifikat pendukung seperti Izin Pelaku Teknis Bangunan (IPTB) atau Sertifikat Keahlian (SKA).

Bagaimana prospeknya ? Sampai sekarang profesi ini masih populer di tengah masyarakat. Sehingga janganlah khawatir karena kemungkinan untuk beberapa tahun ke depan, profesi arsitek masih punya peluang yang bagus. 

2. Graphic Designer

Profesi yang banyak dibutuhkan di era serba digital ini salah satunya adalah graphic designer atau desainer grafis. Hal itu didukung dengan adanya kemajuan di bidang digital marketing. Di mana hampir semua produk barang ataupun jasa ditawarkan secara online. 

Disinilah peran seorang desainer grafis yang  ikut membantu para pebisnis untuk mendesain logo, website, dan membuat konten menarik melalui karya visual. Profesi ini ikut berperan dalam meningkatkan penjualan produk sampai membangun brand awareness ke konsumen. 

Kamu hanya butuh terus memperdalam skill menggambar yang kamu punya. Karena untuk mendapatkan pekerjaan ini terbilang lebih mudah. Cukup perbanyak desainmu agar bisa ditampilkan di portofolio. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kreativitasmu dengan berbagai software desain grafis seperti Adobe Illustrator, Corel Draw maupun Photoshop. 

Kalau Hobi Menggambar, 4 Profesi ini Bisa jadi Pilihan

3. Animator

Profesi selanjutnya buat kamu yang hobi menggambar yaitu menjadi animator. Pekerjaan ini cukup populer di kalangan masyarakat dan sangat menarik. Sebenarnya apa aja sih yang dikerjakan seorang animator ?

Tanggung jawab seorang animator yaitu membuat suatu karya berupa gambar animasi atau karakter. Biasanya digunakan untuk project video game, komik maupun film-film animasi seperti kartun. Selain butuh kreativitas tinggi, pekerjaan animator juga harus dibarengi dengan skill yang mumpuni. 

Untuk jadi seorang animator, tugasmu tidak hanya sampai pada pembuatan gambar animasinya saja. Tapi, dibutuhkan juga keahlian untuk menyusun storyboard. Karena hal itu merupakan faktor penting agar cerita dalam animasi yang dibuat semakin kuat.  

Kreativitasmu dalam membuat karakter yang menarik harus dibarengi dengan ide-ide cerita yang brilian. Jadi, kalau kamu tertarik pada profesi ini, lebih baik ambil program studi animasi untuk mendalaminya lebih dulu.  

4. Fashion Designer

Kalau kamu jago gambar dan tertarik pada dunia fashion, manfaatkan peluang itu untuk menjadi seorang fashion designer. Industri fashion bisa dibilang tidak akan ada matinya karena termasuk dalam kebutuhan primer.

Jadi, sudah tidak diragukan lagi bagaimana prospek fashion designer di masa depan. Apalagi cakupannya sangat luas karena tidak terbatas pada pakaian saja, tapi juga sepatu, tas dan aksesoris lainnya. Dan kamu pun bisa punya brand sendiri, lho !

Dunia fashion akan terus berkembang dari tahun ke tahun sehingga untuk menjadi fashion designer harus selalu up to date. Dengan begitu, desain yang dibuat tidak kuno dan mudah laku di pasaran. 

Saat ini sudah banyak kursus fashion design yang ada di Indonesia maupun luar negeri, kalau kamu memang tertarik menjajal profesi yang satu ini. Meskipun sebenarnya, kamu bisa mempelajarinya secara otodidak asalkan punya tekad yang kuat dan rutin mengasah kemampuan menggambarmu.

Itulah tadi keempat profesi yang cocok untuk kamu yang punya hobi menggambar. Untuk mendapatkan profesi yang disebutkan di atas tentunya tidaklah mudah. Butuh kerja keras dan terus menerus melatih kemampuan diri agar hobi semakin berkembang hingga akhirnya berubah menjadi sebuah profesi.