Kenapa Harga Action Figure Hot Toys Mahal?

Pernah tidak Anda terpikir untuk membeli sebuah action figure? Sebenarnya jenis mainan yang satu ini sendiri sudah sering dijual di tukang mainan. Mungkin Anda pas saat masih kecil juga memainkannya, misalnya adalah mainan Power Rangers, Naruto dan lain sebagainya. Tapi, dulu mungkin harganya murah dan bisa dibeli oleh uang saku anak SD. 

Tapi, ternyata jenis mainan ini ada yang versi mahalnya, bahkan ada beberapa tipe action figure yang mencapai nilai hingga milyaran rupiah. Action figure yang mempunyai harga mahal ini sendiri diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar dan memang dikenal selalu menciptakan mainan yang berkualitas, salah satunya adalah Hot Toys. 

Hot Toys adalah perusahaan action figure yang berada di Hongkong. Seluruh mainan atau action figure yang mereka produksi sangatlah mahal. Maka tidak heran jika perusahaan ini mendapatkan predikat perusahaan action figure termahal di dunia. Lalu, sebenarnya apa alasan action figure dari Hot Toys menjadi sangat mahal? Yuk, ikuti terus pembahasannya berikut ini. 

Alasan Action Figure dari Hot Toys Sangat Mahal 

Bagi penghobi action figure, memiliki beberapa karakter favorit adalah kepuasan sendiri. Tentu saja ini bisa menjadi bisnis yang sangat bagus. Karena mainan ini bisa dijual dengan harga fantastis. Lalu kenapa Hot Toys bisa menjual action figure hingga puluhan juta bahkan milyaran rupiah? Berikut ini adalah alasannya: 

  1. Limited edition 

Anda pasti tahu bahwa barang-barang yang dijual terbatas, sudah pasti harganya akan lebih mahal. Hot Toys sendiri tidak pernah memproduksi action figure dalam jumlah yang banyak. Sehingga persaingan untuk mendapatkan mainan dari karakter tertentu pun sangatlah tinggi. Maka tidak heran, jika action figure dari Hot Toys sangat mahal. 

1. Bahan yang digunakan berkualitas 

Kalau mainan yang murah, biasanya hanya menggunakan plastik yang mudah rusak. Tapi tidak dengan Hot Toys. Mereka menggunakan bahan-bahan yang mempunyai kualitas tinggi. Bahkan daya tahan terhadap api juga sangat kuat. 

Untuk urusan pakaian yang digunakan oleh action figure pun kadang menggunakan bahan kulit asli layaknya pakaian biasa. Jadi, jangan heran jika seluruh produk dari Hot Toys dihargai dengan nominal yang bisa capai jutaan rupiah. 

2. Teknik pembuatan sangat canggih 

Kalau Anda bandingkan dengan jenis action figure lainnya, mainan yang diproduksi Hot Toys terlihat sangat berbeda. Teknik yang mereka gunakan sendiri tidak bisa dibilang abal-abal. Tingkat kemiripan action figure dengan karakter aslinya juga sangatlah baik. Bahkan benar-benar menyerupai si karakter. 

Walau yang membedakan adalah skalanya saja. Dalam dunia action figure, semakin mirip dengan karakter maka jelas akan sangat mahal. Bahkan semakin kecil skala, bisa jadi semakin tinggi harga. 

3. Aksesoris 

Dalam action figure sendiri tidak hanya mementingkan kemiripan dari karakter. Tapi juga aksesoris yang digunakan oleh si karakter. Misalnya senjata apa yang digunakan, outfit, tas dan lain sebagainya. Semakin banyak aksesoris rumit maka semakin mahal harganya. Hot Toys pun selalu memberikan detail-detail tersebut. Sehingga tidak heran mainan dari perusahaan ini harganya selangit. 

4. Ornamen tambahan 

Layaknya mobil, action figure sendiri juga terkadang diberikan ornamen tambahan yang tidak kira-kira. Misalnya, karakter menggunakan cincin berlian, maka bisa jadi dalam action figurenya menggunakan berlian juga. Walau ukurannya lebih kecil, tapi tetap saja berlian pasti akan sangat mahal. Hot Toys tidak ragu untuk memberikan ornamen tambahan tersebut agar action figure mereka semakin mirip dengan karakter asli. 

Action Figure Termahal di Dunia 

Meski action figure dari Hot Toys sudah mahal, tapi nyatanya di dunia ini ada beberapa lagi action figure yang sangat langka dan memiliki harga yang sangat fantastis. Berikut ini adalah daftar action figure termahal di dunia: 

1. Boba Fett Star Wars 

Action figure pertama yang mempunyai harga fantastis adalah Boba Fett yang merupakan salah satu karakter di Star Wars. Kenner, perusahaan pembuat action figure Star Wars, merilis pertama kali Boba Fett pada sekitar 1979. Kala itu perusahaan ini membuat Boba Fett yang benar-benar menggunakan roket mini yang bisa dilepaskan.

Tapi karena khawatir akan melukai anak-anak, Kenner memutuskan untuk membuat Boba Fett seri ini dengan lebih aman. Produksi yang pertama kali itulah yang paling dicari. Dimana Boba Fett bisa melepaskan roket mini. Harga dari Rocket Firing Boba Fett tercatat mencapai 2,2 milyar rupiah pada 2019 lalu. Kalau sekarang sudah pasti lebih mahal. 

2. Prototipe G.I Joe

Untuk action figure ini jangan harap kamu menemukannya dengan mudah atau mungkin bisa jadi ia ada di museum. Prototipe G.I Joe ini sendiri dibuat pada tahun 1964 oleh Don Levine dan dibuat dengan tangan. Action figure ini bukan hanya sekedar mainan, tapi barang antik karena merupakan yang pertama sebelum mainan G.I Joe diproduksi. Harganya sekarang mencapai 3 milyar. 

Itulah penjelasan kenapa Hot Toys mampu menjual action figure yang sangat mahal. Selain itu, kelangkaan juga sangat mempengaruhi.