Kenapa Harga Mobil Klasik Bisa Naik?

Para pecinta atau bahkan para kolektor mobil klasik harus rela menyiapkan uang lebih banyak untuk membeli mobil jadul. Sebab hal ini bagi mereka membeli atau mengoleksi mobil jadul bukan sebatas hobi saja. Sebagian dari mereka bahkan menjadi mobil klasik sebagai alat investasi jangka panjang. Karena mobil klasik kebanyakan akan selalu mengalami kenaikan, dan tidak jarang artis-artis populer di Indonesia juga menjadi kolektor mobil klasik untuk investasi mereka.

Selain itu mobil klasik ini tidak ada standar harga atau patokan harga yang pasti. Harganya justru bisa jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan keluaran mobil baru apabila mobil klasik tersebut memang memiliki nilai koleksi tinggi.

Tidak sedikit orang bertanya-tanya mengapa mobil klasik harga atau nilai jualnya bisa naik dan bahkan harganya bisa dikatakan sudah tidak masuk akal. Sejatinya, mobil klasik menyimpan beberapa alasan yang membuat kendaraan jadul tersebut nilai jualnya bisa naik. Nah, untuk ulasan lebih lengkapnya silahkan simak penjelasannya berikut ini.

1.       Nilai Historis

Sejarah yang memiliki nilai historis tentu menjadi salah satu faktor utama. Nilai jual kendaran dapat melambung tinggi bila kendaraan tersebut pernah dipakai oleh para tokoh penting di jaman dulu, contohnya kendaraan yang pernah digunakan oleh seorang pahlawan perang atau seorang bintang film terkenal di jaman dulu. Tentu harga mobil tersebut akan sangat tinggi dipasaran.

Seperti contoh yaitu Toyota Land Cruiser, yang dikenal dengan ketangguhannya dan pernah dipakai sebagai mobil operasional sipil serta militer negara Indonesia. Dari sini bisa dilihat bahwa ada nilai nostalgia yang melekat pada mobil tersebut dan para pecinta mobil klasik tentu sudah bersiap untuk membelinya dengan harga yang cukup tinggi.

2.       Nilai Keunikan Tersendiri

Semakin nik sebuah mobil khususnya mobil klasik tentu akan semakin tinggi juga harga jualnya. Seperti contoh mobil VW kodok. Kendaraan roda empat berbentuk katak tersebut sampai saat ini cukup banyak peminatnya dan selalu diburu oleh para pecinta mobil klasik tanah air. Tidak hanya itu, ada pula Mini Cooper klasik yang sering muncul di film series Mr.Bean yang membuat jenis mobil satu ini juga diburu para penggemar dan membuat harganya naik secara signifikan.

3.       Pernah Dijual Tapi Terbatas

Negara Indonesia sendiri pernah kedatangan berbagai model atau jenis mobil yang mempunyai keunggulan tertentu. Namun sayangnya kendaraan roda empat tersebut jumlahnya sangat terbatas. Sebut saja mobil klasik seperti FIAT Uno Turbo dan Daihatsu Charade Turbo yang mana kedua jenis mobil ini pernah masuk ke Indonesia dan resmi diperdagangkan, akan tetapi jumlah kendaraan ini sangat terbatas, dan itu itulah mengapa mobil yang masuk kategori limited edition sering dihargai mahal.

4.       Biaya Restorasi yang Mahal

Mobil klasik ini selain memiliki nilai jual yang tinggi ternyata biaya restorasinya pun juga tidak dikatakan murah. Hal ini sangat wajar karena ketersediaan suku cadang mobil klasik atau bengkel khusus mobil jadul di negara Indonesia sangat jarang alias jumlahnya sangat sedikit. Itulah mengapa alasan tersebut termasuk salah satu faktor nilai jual dari mobil klasik bisa naik, semakin langkah suku cadang nya, dan semakin mahal biaya restorasinya tentu nilai jualnya akan terus menerus mengalami kenaikan.

5.       Modelnya Termasuk Jarang

Umumnya kendaraan roda empat atau mobil klasik memiliki model yang sangat terbatas, lain halnya dengan model-model kendaraan baru. Seperti FIAT, Dodge hingga Chrysler. Jenis mobil-mobil ini mempunyai nilai dari keunikan mereka sendiri sebab jumlahnya tergolong langkah apalagi di negara Indonesia.

Beberapa contoh mobil klasik yang peminatnya cukup banyak di Indonesia seperti model station wagon atau model coupen. Nah, dengan jumlah model yang sangat terbatas ini juga turut mempengaruhi nilai jual dari mobil klasik, yang mana jumlah barangnya terbatas namun permintaan pasar sangat banyak. Hal inilah membuat secara alami mobil klasik bisa dihargai dengan sangat mahal. Karena kalau sudah hobi, berapapun uang akan digelontorkan oleh mereka yang pecinta mobil klasik.

6.       Tampilannya

Alasan terakhir yakni tampilan dari mobil klasik tentu memiliki ciri khasnya sendiri. Lain halnya dengan mobil keluaran baru di era saat ini yang semuanya sudah serba canggih, menggunakan fitur-fitur modern dan serba digital. Tapi bagi para pecinta mobil klasik, dilihat dari tampilan saja bisa membuat mereka seakan ikut bernostalgia pada saat mobil tersebut masih sering digunakan pada zaman dulu.

Terkait kecanggihan mesin, tentu semakin jadul mesin dan fitur mobil tersebut akan membuatnya semakin digemari. Dengan tampilan luarnya yang begitu khas dan dengan menggunakan modul yang masih serba manual, mobil klasik melahirkan keunikannya dan membuat mereka yang mengendarainya merasa keren dan pede untuk melaju di tengah ramainya kota karena memiliki benda yang tidak semua orang memilikinya.