tabungan pendidikan

Mana yang Lebih Menguntungkan, Tabungan Pendidikan atau Asuransi Anak?

Pendidikan untuk buah hati memang harus dipersiapkan sedini mungkin. Hal ini tidak lepas dari biaya yang diperlukan dalam pendidikan terbilang tinggi. Tentu saja, sebagai orang tua harus bisa memberikan pendidikan terbaik untuk anak agar mereka bisa lebih mudah menata masa depan. Maka dari pada itu, banyak sekali lembaga keuangan dan bank yang menawarkan asuransi anak dan tabungan pendidikan anak. 

Keduanya sendiri ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Banyak sekali orang tua yang merasa bingung lebih baik memilih tabungan pendidikan atau asuransi anak. Lalu, sebenarnya mana yang lebih menguntungkan dari kedua investasi pendidikan ini? Ikuti terus ulasannya berikut ini. 

Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Anak 

Untuk mengetahui mana yang lebih menguntungkan, tentu saja Anda perlu sekali memperhatikan perbedaan antara keduanya. Karena sistem tabungan pendidikan dan asuransi anak sangatlah berbeda dan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah perbedaannya: 

Tabungan Pendidikan Anak 

Tabungan pendidikan anak adalah salah satu produk yang ditawarkan oleh bank. Tujuannya pun jelas untuk membantu para orang tua dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak. Sistemnya sendiri tidaklah sulit dan terbilang ringan. Berikut ini penjelasan sistemnya: 

  1. Orang tua yang membuka tabungan pendidikan anak, tiap bulannya harus rutin menyetorkan uang rekening tabungan ini. Nominalnya pun berbeda-beda, di mana paling kecil biasanya adalah 100 ribu rupiah. 
  2. Adanya jangka waktu yang ditentukan oleh bank. Sehingga tabungan ini tidak akan bisa diambil sebelum masa jangka waktu sudah habis. Semisalnya Anda memilih jangka 5 tahun, maka tabungan pun hanya bisa diambil setelah 5 tahun. 
  3. Bank pun menawarkan bunga yang terbilang tinggi untuk tabungan ini, setera dengan deposito dari mulai 3% hingga 6%. Tapi, perlu Anda ingat bahwa akan ada pajak yang dikenakan sebanyak 20% dari bunga yang didapatkan.

Secara garis besar, tabungan ini pun sangatlah membantu. Tapi, adapun kelebihan dan kelemahan dari tabungan pendidikan anak ini. Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan dari tabungan ini: 

  1. Kelebihan 

Kelebihannya dari tabungan anak adalah nominal setoran tiap bulan yang terbilang cukup kecil. Bahkan ketika menabung Anda juga tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan bagi para ibu rumah tangga yang harus membagi-bagi masalah keuangan. Apalagi dengan adanya bunga yang didapatkan dan besarnya setara deposito, sudah pasti akan sangat membantu sekali di masa depan. 

  1. Kelemahan

Sedangkan kelemahan dari tabungan anak ini adalah besaran bunganya tidak sebanding dengan kenaikan biaya pendidikan anak setiap bulannya. Kenaikan biaya pendidikan di Indonesia sendiri tiap tahunnya bisa mencapai 10% hingga 25%. Cukup tinggi dan jauh di atas bunga yang akan didapatkan oleh orang tua dalam tabungan anak ini. 

Asuransi Pendidikan Anak 

Untuk asuransi pendidikan anak sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu asuransi pendidikan endowment dan unitlink. Dua-duanya pun tidak memiliki perbedaan yang jauh, tapi tetap saja sama-sama memberikan proteksi agar pendidikan anak tetap terjamin. Bagi orang tua yang tidak mempunyai asuransi jiwa, pemilihan asuransi pendidikan anak ini mungkin bisa menjadi keputusan yang tepat. 

Asuransi endowment adalah gabungan antara asuransi jiwa yang tradisional dengan tabungan dalam bentuk deposito. Sedangkan untuk yang unitlink merupakan gabungan asuransi jiwa yang tradisional dengan investasi, dalam hal ini adalah reksadana. Keduanya pun mempunyai kelebihan dan kekurangan yang juga perlu Anda ketahui, berikut ini penjelasannya: 

Kelebihan 

Kelebihan dari asuransi pendidikan anak adalah cocok untuk Anda yang merupakan satu-satunya tulang punggung keluarga. Apabila di masa depan ternyata umur tidak mencukup waktu, maka setidaknya adalah asuransi jiwa yang mampu membiayai pendidikan anak hingga kuliah. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lagi akan kebutuhan pendidikan anak di masa depan nantinya. 

Kekurangan 

Sedangkan kekurangannya adalah masih banyak masyarakat yang belum memahami mana pihak yang menanggung dan tertanggung, sehingga ada sering terjadi kesalahan dalam hal ini. Tidak hanya itu saja, karena bentuk dari asuransi pendidikan ini berupa investasi yang bisa naik dan turun mengikuti kondisi pasar, maka terkadang ketika sudah waktunya dicairkan pun masih belum menutup seluruh biaya pendidikan yang diperlukan. 

Mana yang Lebih Menguntungkan Antara Tabungan Pendidikan dan Asuransi Anak? 

Dari seluruh penjelasan tersebut, mana yang lebih baik antar tabungan pendidikan dan asuransi anak? Sebenarnya keduanya pun sama dan memberikan keamanan finansial dalam masalah pendidikan anak. Anda sebagai orang tua hanya perlu memilih yang sesuai dengan kondisi finansial saat ini. 

Apabila menurut Anda tabungan pendidikan lebih memungkinkan untuk dilakukan, maka pilih saja tabungan ini. Tapi, jika Anda mampu untuk membayar asuransi anak, maka tidak salah juga untuk memilihnya. Selama keduanya akan memberikan perlindungan finansial akan pendidikan, sudah pasti akan memberikan hal baik di masa depan.