Mobil-Mobil Tua yang Kembali Ngetren

Belakangan ini mulai banyak orang yang memiliki minat pada mobil tua, kebanyakan dari mereka beralasan “ingin mengenang masa lalu”. Padahal kebanyakan pembeli mobil-mobil tua ini adalah mereka dengan usia masih muda. Lalu mobil tua apa sajakah yang menjadi incaran para kolektor dan penyuka mobil tua? Simak ulasan berikut.

Mobil Tua yang Kembali Ngetren

  • Jeep Wrangler Yj

Mobil tua yang kembali naik daun adalah Jeep Wrangler Yj. Mobil ini pertama kali dikenalkan secara resmi di tahun 1986 sampai 1995. Ciri khas dari Wrangler Yj salah satunya pada penggunaan lampu bagian depannya yang berbentuk kotak. Untuk harganya sendiri, terbilang fantastis. Karena sudah menembus angka Rp 350 juta, bahkan lebih.

  • Toyota Land Cruiser VX series 80

Mobil ini memiliki bodi yang besar, kebanyakan penyuka Land Cruiser VX generasi 80 membelinya untuk dijadikan koleksi atau dimodif dan digunakan untuk offroad. Semakin tinggi nilainya akan makin banyak dicari.

Toyota Land Cruiser VX secara resmi diluncurkan di tahun 1989 sampai 1997. Versi pintu dengan gaya kupu-kupu pada bagian belakang merupakan yang paling dicari. Bukan hanya karena bodinya, tetapi mesinnya yang dianggap kuat dan tidak mudah rusak.

  • Mercedes Benz W124

Mercedes Benz 124 atau Mercy Boxer, diluncurkan pertama kali pada tahun 1985 sampai 1996. Mobil inilah yang menjadi asal muasal E-Class. Walau mobil ini sudah berusia tua, namun kesan mewah dari desainnya membuat pecinta mobil tetap akan meliriknya untuk dijadikan koleksi.

  • Honda Civic SB3

Mobil ini sepertinya yang cukup tua dari mobil-mobil diatas, tahun 1983 adalah pertama kalinya Honda Civic SB3 diperkenalkan. Kebanyakan yang memilih mobil 2 (dua) pintu ini akan dimodifikasi agar terlihat lebih keren.

  • Toyota Corolla DX

Toyota Corolla DX merupakan mobil keluaran tahun 1980-an sampai dengan 1990-an. Dimasanya mobil ini adalah idaman banyak orang. Mobil Toyota ini sebenarnya cukup sulit untuk ditemukan, alasannya kebanyakan pemilik memilih untuk menyimpannya sendiri sebagai koleksi atau kenang-kenangan.

  • BMW E36

Mobil BMW E36 adalah generasi ketiga atau penerus E30. Desainnya cukup sporty, sangat cocok bagi anak muda yang menyukai retro. Kebanyakan pecinta mobil tua membelinya agar dapat dimodifikasi, apalagi jika Anda menyukai balap. Siapa sangka bila BMW E36 ini sering dijadikan sebagai mobil untuk balap drifting.

Alasan Memilih Mobil Tua

Banyak sekali orang memiliki pandangan negatif tentang mobil tua, karena memberikan kesan si pemilik hidup dengan ekonomi yang biasa saja dan membuat siapapun pengendaranya merasa malu. Ada juga anggapan, jika nantinya akan menguras kantong untuk perawatannya. Sebab di dalam benak mereka yang terlintas adalah sering mogok dan pasti bolak- balik bengkel.

Karena itulah banyak yang memilih mobil baru daripada bekas. Bahkan sebagian besar, akan lebih rela mengeluarkan uang untuk DP dan melakukan pembayaran secara kredit, sekalipun dana tersebut sebenar bisa digunakan untuk membeli mobil tua dengan cash.

Namun, ada juga sebagian dari Anda yang berpikir untuk membeli mobil bekas dengan mempertimbangkan beberapa alasan seperti berikut ini : 

  • Harganya lebih murah

Tentu faktor pertama kali mengapa memilih mobil tua, pasti karena harganya yang lebih murah dibanding mobil baru. Tidak hanya itu, untuk pajak tahunannya hanya Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribuan saja. Lalu, apabila servis pun tidak terlalu mahal bahkan sparepartnya juga ramah kantong. 

Walau sebenarnya hal tersebut juga belum pasti, semua bergantung dengan merek serta tipe mobil tua yang Anda beli. Jika ingin membeli mobil tua, pastikan bila mobil tersebut memang dititik yang lebih stabil.

  • Limited edition

Memiliki mobil tua itu juga akan membuat pemiliknya terlihat keren. Kenapa? Karena kebanyakan mobil-mobil tersebut hanya sedikit jumlahnya. Tentunya hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi yang memiliki mobil tua, sebab tidak banyak yang menyamai.

  • Perawatannya lebih simple

Walau hal yang satu ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian besar orang merasa untuk perawatan mobil tua itu jauh lebih simple dibandingkan mobil keluaran terbaru. Mungkin hal tersebut disebabkan karena mobil tua belum memiliki kecanggihan yang dimiliki mobil baru. 

Baik atau buruknya kualitas dan performa mobil tua yang Anda beli tidak dapat dinilai dari tahunnya, tetapi bagaimana pemilik sebelumnya merawat dan menggunakannya. Anda harus pintar-pintar memilih, jika perlu mintalah bantuan teman yang mengerti tentang mobil tua.

  • Senang modifikasi mobil

Ada juga beberapa orang yang membeli mobil tua untuk dimodifikasi, baik mesin, penampilan luar hingga bagian dalamnya. Namun, jika sejak awal memang menyukai sesuatu yang berbau retro, hanya akan memperbaiki bagian mesinnya saja. Sedangkan untuk interior dan eksterior, hanya akan di upgrade.

Demikianlah informasi mengenai mobil tua yang akhir-akhir ini kembali ngetren, baik di kalangan kolektor maupun para anak muda yang suka melakukan modifikasi mobil demi mengekspresikan diri agar terlihat keren.