Motor-Motor Jadul yang Kembali Ngetrend

Meskipun saat ini sudah mulai banyak motor injeksi dan tentunya lebih modern, tetapi kenangan masa lampau pasti akan selalu membekas. Apalagi di zaman ini banyak sekali anak muda mulai menyukai dan kembali memperkenalkan motor-motor tua yang bahkan jarang terlihat.

Sekarang sudah banyak motor tua yang muncul dengan hasil restorasi dan rekondisi, padahal untuk melakukan kedua hal tersebut tidaklah mudah. Karena pastinya sulit mendapatkan sparepart yang telah langka di pasaran.

Dari begitu banyak jenis motor tua, ada beberapa diantaranya yang masih memiliki peminat dan cukup sering Anda lihat berlalu lalang di jalan raya, bahkan sampai ada club serta tidak jarang mereka akan melakukan touring.

Motor Jadul yang Kembali Naik Daun

  • Astrea Series

Motor keluaran Honda ini merupakan motor yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Astrea adalah pendahulu dari Supra, motor ini diperkenalkan sekitar tahun 1980-an dan merupakan terobosan terbaru kala itu setelah Super Cub yang diproduksi di tahun 1960-an.

Astrea saat itu banyak dilirik karena cc-nya yang kecil, tetapi memiliki durabilitas terbaik dikelasnya. Memang tidak bisa digunakan untuk kebut-kebutan, namun mesinnya paling kuat. Lalu setelahnya muncul Astrea Grand,  tetap tangguh dengan desain modern.

Untuk bensin, Astrea termasuk irit. Bahkan sangat irit sampai ada yang bilang “motor ini hanya mencium aroma bensin sudah pasti jalan”. Motor ini sangat cocok digunakan ketika berpergian jauh, karena tidak akan membuat kantong Anda jebol.

  • RX King

Siapa yang tidak mengenal Yamaha RX King. Semua orang pasti tahu motor keluaran Yamaha tersebut. Karena pada tahun 90-an, motor RX King dikenal sebagai motor dengan kecepatan serta kelincahannya. Bahkan banyak pelaku kejahatan menggunakan motor ini untuk kabur dari kejaran polisi.

Motor ini kembali naik daun dikarenakan RX King adalah motor 2-tak dikenal dengan perawatannya yang terbilang mudah. Suku cadang motor ini juga masih banyak di pasaran, baik sparepart yang asli maupun aftermarket, jadi tidak perlu khawatir.

  • Vespa

Terakhir dipegang oleh Vespa. Tentunya Anda masih dengan mudah melihat pengguna motor Vespa jadul berlalu lalang di jalan raya. Unsur retro merupakan alasan terkuat banyak orang masih menaruh minat pada motor tua ini.

Untuk perawatannya sendiri, Anda sebenarnya dapat membawa vespa 2-tak kesayangan ke bengkel resminya dan banyak juga bengkel yang memang khusus menangani motor retro ini. Menemukan aksesoris untuknya pun terbilang mudah, Anda dapat mencarinya secara offline maupun online.

Cara Merawat Motor Jadul

Agar motor tua yang Anda miliki tetap awet, memiliki performa yang baik, nyaman ketika di dikendarai dan agar tidak kalah dengan motor-motor masa kini. Anda harus merawatnya dengan istimewa, mengingat suku cadangnya cukup sulit untuk didapatkan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk merawat motor tua di rumah :

  1. Motor yang telah tua biasanya masalah terbesarnya adalah karat. Apalagi jika motor yang Anda miliki seperti Honda CB100 atau C70. Keduanya sangat rentan dengan karat, bagian yang paling mudah berkarat yaitu rantai.

Jadi, berilah perhatian lebih pada bagian rantainya. Rutinlah memberikan pelumas khusus untuk rantai motor, supaya tidak mudah terkena karat dan berfungsi sebagaimana mestinya dengan optimal.

  1. Lakukanlah pengecekan berkala pada komponen aki, minimal 2 (dua) kali dalam sebulan. Karena aki memiliki peran penting di sistem kelistrikan pada motor. Untuk motor tua, seringkali mengalami masalah di aki.

Kebanyakan dari kolektor motor tua akan mengganti komponen tersebut dengan yang baru atau memilih untuk membeli alat yang biasanya digunakan untuk mengisi daya aki. Alat ini cukup mudah ditemukan dan dijual secara bebas di bengkel atau khusus aksesoris motor.

  1. Rutinlah mengganti oli mesin, pilihlah yang memiliki kualitas terbaik. Karena motor tua kebanyakan hanya digunakan sesekali, jadi Anda bisa melakukan pergantian oli mesin setiap tiga bulan atau ketika sudah dipakai sejauh 2000 kilometer.
  2. Jangan lupa juga untuk melakukan service secara berkala. Tujuannya utamanya untuk menjaga mesin motor mengalami kerusakan, sehingga lebih baik dilakukan pengecekan rutin. Hal utama yang harus di cek adalah busi, karena komponen ini juga paling banyak menjadi masalah bagi motor lawas.
  3. Pemilihan bahan bakar juga mempengaruhi kinerja mesin motor tua Anda dan membuat sistem pembakaran lebih baik serta menghindari adanya kerak pada knalpot motor. Anda bisa menggunakan pertamax atau pertalite sebagai bahan bakar utamanya.

Bagaimana? Apakah Anda memiliki minat untuk menjadi salah satu orang yang mengoleksi motor jadul? Namun, perlu diperhatikan dengan seksama sebelum Anda membelinya. Pilihlah dan beli motor sesuai budget yang Anda miliki, telitilah pada kondisi motornya jika perlu Anda dapat meminta tolong pada seseorang yang memahami dunia motor-motor jadul.